search-button

4 Manfaat Kembang Kol Untuk Mencegah Kanker Ganas

   
Advertisements
Advertisements
Manfaat Kembang Kol Untuk Mencegah Kanker Ganas
Apotik Sehat – Kembang kol tentunya sudah tidak asing lagi sebagai salah satu sayuran yang sering masuk ke dalam menu makan Anda sehari-hari. Namun tahukah Anda jika ternyata kembang kol memiliki manfaat untuk mencegah kanker ganas yang sering menyebabkan kematian?

Selama ini kembang kol hanya di gunakan sebagai bahan makanan tanpa tahu jika khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan jauh lebih besar. Khusus dalam hal mencegah kanker ganas, berikut ini adalah 4 manfaat kembang kol yang harus Anda ketahui.

Manfaat Kembang Kol Untuk Mencegah Kanker Ganas

1. Mencegah Kanker Payudara

Manfaat kembang kol yang pertama adalah mencegah kanker ganas yang menyerang payudara wanita. Para wanita yang ingin terhindar dari kanker yang sangat menakutkan ini sangat di sarankan untuk sering mengonsumsi kembang kol. Di dalam kembang kol terdapat senyawa anti kanker alami yang bernama sulforaphane dan indole-3 carbinol. Kedua senyawa yang terkandung di dalam kembang kol ini sangat ampuh untuk membunuh sel kanker yang menjadi penyebab terjadinya kanker payudara pada wanita.

Untuk memperoleh khasiat yang lebih banyak, cara mengonsumsi kembang kol yang paling baik adalah dengan cara di kukus dalam waktu yang tidak terlalu lama. Hal ini bertujuan untuk menjaga kandungan nutrisi yang ada di dalamnya agar tidak terlalu banyak berkurang. Jika kembang kol di masak terlalu lama, maka nutrisi yang ada di dalamnya akan berkurang.

Jauh lebih baik jika Anda terbiasa mengonsumsi kembang kol dalam bentuk salad atau khusus di buat menjadi jus kemudian diminum selagi segar. Dengan begitu kandungan senyawa antioksidan yang ada di dalam kembang kol dapat Anda peroleh dengan lebih maksimal sebagai manfaat kembang kol untuk mencegah kanker.

2. Mencegah Kanker Usus

Kembang kol juga berkhasiat untuk mencegah terjadinya kanker usus. Serat yang sangat tinggi di dalam kembang kol sangat baik untuk melancarkan pencernaan dan membersihkan usus. Tumpukan lemak dan toksik yang ada di dalam usus akan di serap habis oleh serat dalam kembang kol. Orang yang mengonsumsi kembang kol cenderung memiliki pencernaan yang lebih lancar dan sehat.

3. Mencegah Kanker Serviks


Selain kanker payudara, kanker serviks juga merupakan penyakit paling menakutkan yang selalu menghantui wanita. Bukan cuma karena kanker ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian, namun lebih karena setiap wanita siapa pun dia memiliki peluang yang sama untuk terserang penyakit ini.

Untuk itu Anda harus mengetahui cara-cara untuk mencegahnya. Salah satu pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara rutin mengonsumsi kembang kol. Manfaat kembang kol untuk mencegah kanker selain memiliki senyawa sulforaphane dan indole-3 carbinol yang memiliki kemampuan untuk membunuh bibit-bibit sel kanker, di dalam kembang kol juga terdapat khasiat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap serangan kanker.
Baca juga:
Di dalam kembang kol terkandung senyawa antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Kedua zat ini sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan radikal bebas yang merupakan pemicu utama terjadinya kanker. Cobalah untuk mengakrabkan diri Anda agar terbiasa mengonsumsi kembang kol dalam menu makan sehat Anda sehari-hari.

4. Mencegah Kanker Prostat

Kembang kol juga berkhasiat untuk mencegah kanker prostat. Kandungan di dalam kembang kol sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah tubuh khususnya pada organ bagian bawah sehingga prostat dan organ-organ lainnya akan menjadi lebih sehat.

Manfaat kembang kol lainnya untuk cegah kanker prostat yaitu kemampuannya untuk mencegah terjadinya peradangan yang sering terjadi sebagai gejala awal munculnya kanker.