search-button

4 Penyakit Yang Bisa Di Cegah Dengan Berjemur Di Matahari Pagi

   
Advertisements
Advertisements
Manfaat Berjemur Untuk Mencegah Penyakitv
Apotik Sehat – Berjemur di matahari pagi memang dapat memberikan banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Sayangnya tidak semua orang memiliki kesempatan dan waktu luang untuk bisa merasakannya setiap hari. Bisa jadi karena kesibukan yang terlalu padat sehingga harus pergi ke tempat kerja sebelum matahari pagi sempat bersinar.

Jika Anda termasuk salah satu orang yang terlalu sibuk sehingga tidak sempat lagi berjemur di matahari pagi, Anda sepertinya perlu meneruskan membaca artikel ini agar menyadari ada manfaat besar sekali yang telah Anda lewatkan. Selain memberi banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh Anda, ternyata berjemur di pagi hari juga mampu mencegah terjadinya 4 penyakit berikut ini:

1. Penyakit Jantung

Salah satu penyakit paling berbahaya yang telah menyebabkan banyak sekali kematian ini ternyata bisa di cegah dengan rutin berjemur di matahari pagi hari. Penyakit jantung pada umumnya berawal dari adanya gangguan pada pembuluh darah seperti penyempitan atau penumpukan plak yang membuat pembuluh darah tersumbat. Jika di biarkan maka akan menyebabkan jantung Anda bekerja ekstra keras yang pada akhirnya menimbulkan kerusakan pada jantung.

Hal ini bisa di cegah dengan berjemur di pagi hari. Salah satu khasiat yang dapat Anda peroleh ketika berjemur di pagi hari adalah peredaran darah menjadi lebih lancar. Pada saat tubuh terpapar sinar matahari pagi, pembuluh darah Anda akan menjadi lebih lebar. Hal ini bisa Anda sempurnakan dengan melakukan olah raga ringan seperti jogging, senam, atau sekedar berjalan kaki mengelilingi taman.

2. Penyakit Kulit

Jerawat dan penyakit kulit seperti gatal-gatal juga bisa di cegah dengan rajin berjemur di matahari pagi. Namun Anda perlu mengingat bahwa matahari pagi hanya bersinar hingga pukul 10 pagi saja. Lewat dari itu matahari akan menjadi sangat panas dan justru tidak baik untuk kulit. Jangan coba-coba untuk berjemur di atas jam 10 pagi jika tidak ingin kulit Anda menjadi lebih gelap.
Baca juga:

3. Kanker

Berjemur di matahari pagi juga dapat mencegah kanker. Hal ini di sebabkan karena cahaya matahari di pagi hari memiliki kemampuan untuk merangsang tubuh melakukan proses detoksifikasi (pembuangan racun) berkali-kali lipat lebih banyak dan lebih cepat. Dengan demikian maka semua zat racun yang ada di dalam tubuh akan di buang keluar secara berangsur-angsur, dan penyakit kanker pun akan menjauh dari Anda.

Selain itu pada saat Anda berjemur di matahari pagi, udara yang ada di sekitar masih kaya akan oksigen. Ini tentu saja sangat baik untuk kesehatan paru-paru Anda.

4. Osteoporosis

Penyakit ke empat yang bisa di cegah dengan berjemur di matahari pagi adalah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Mungkin Anda sudah sering mendengar perkataan orang jika matahari mengandung banyak vitamin D yang sangat baik untuk tulang sehingga Anda di sarankan untuk sering berjemur pada pagi hari.

Itu adalah nasehat yang baik, tapi sedikit keliru. Faktanya, cahaya matahari di pagi hari tidak mengandung vitamin D. Yang benar adalah cahaya matahari pagi mampu merangsang pembentukan vitamin D di dalam tubuh. Vitamin D adalah salah satu unsur yang sangat di butuhkan tulang.Fungsinya yang paling penting adalah peranannya untuk mengendalikan penyerapan kalsium dan fosfor untuk pembentukan tulang.

Kekurangan vitamin D akan menyebabkan penyerapan kalsium ke dalam tulang menjadi berkurang. Akibatnya tulang Anda akan cepat rapuh dan lama kelamaan menjadi keropos.