search-button

5 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

   
Advertisements
Advertisements
Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami
Apotik SehatCara menghilangkan bekas luka secara alami. Bekas luka yang menimbulkan warna belang pada kulit memang sedikit banyak akan mengurangi keindahan penampilan kulit Anda. Apalagi jika bekas luka tersebut membentuk seperti guratan menyerupai sisik atau kulit mati yang sangat sulit untuk di hilangkan. Pastinya akan sangat mengganggu sekali.

Beberapa bekas luka yang menyebabkan belang di wajah juga terkadang dapat merusak kepercayaan diri Anda. Meskipun munculnya luka ini terkadang tidak bisa dihindari karena bisa saja terjadi karena ketidaksengajaan atau kecelakaan, namun bekas luka yang menimbulkan belang ini tetap bisa di hilangkan. Ada cara-cara yang alami dan aman untuk menghilangkan bekas luka yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Cara Menghilangkan Bekas Luka

1. Lemon

Lemon telah sejak lama di kenal memiliki khasiat yang sangat ampuh untuk memutihkan kulit. Selain itu lemon juga dapat menghilangkan belang hitam yang muncul akibat bekas luka. Salah satu kandungan lemon yang berkhasiat untuk memulihkan bagian kulit yang belang akibat bekas luka adalah vitamin C yang sangat banyak terkandung di dalam lemon.

Cara menggunakan lemon untuk menghilangkan bekas luka secara alami
adalah dengan mengambil ekstrak atau perasan air lemon murni kemudian oleskan pada bagian kulit bekas luka. Diamkan hingga mengering. Lakukan hal ini secara rutin 3 kali sehari.

Selain dengan cari itu Anda juga bisa menggunakan lemon sebagai masker. Caranya adalah dengan memblender lemon bersama kulitnya hingga berbentuk seperti bubur. Tempelkan pada bagian kulit bekas luka, kemudian bungkus dan diamkan selama beberapa jam lalu buka dan bersihkan dengan air.

2. Aloe Vera

Aloe vera atau yang lebih akrab di sebut dengan tanaman lidah buaya juga sangat berkhasiat untuk menghilangkan bekas luka secara alami. Cara menggunakan aloe vera untuk menghilangkan bekas luka secara alami adalah dengan mengambil gel yang terdapat pada bagian dalam lidah buaya. Kemudian tempelkan pada bagian yang mengalami bekas luka. Diamkan hingga mengering selama setengah hingga setu jam.

3. Madu

Madu juga bisa menjadi salah satu obat rumahan yang bisa anda gunakan untuk menyamarkan bekas luka di kulit anda. Madu memiliki banyak sekali khasiat yang bermanfaat untuk kulit. Khusus untuk menghilangkan bekas luka, anda bisa menggunakan madu sebagai obat luar dengan cara mengoleskannya pada bagian yang belang. Tutuplah dengan menggunakan perban hingga mengering dengan sendirinya. Lakukan perawatan ini dua kali sehari hingga bekas luka di kulit anda terlihat memudar.

4. Kulit Pisang

Di dalam kulit pisang terdapat kandungan asam malat yang sangat ampuh untuk menyamarkan bekas luka pada kulit anda. Cara menggunakan kulit pisang untuk menghilangkan bekas luka secara alami pun sangat mudah. Cukup dengan menggosokkan bagian dalam kulit pisang pada kulit anda yang belang. Kemudian diamkan hingga mengering dengan sendirinya.

Untuk mendapatkan khasiat yang lebih ampuh, anda juga bisa menggunakan kulit pisang ini sebagai kompres pada bagian kulit yang terdapat bekas luka menjelang tidur  dan biarkan semalaman.

5. Rosehip Seed Oil dan Es Batu

Cara terakhir untuk menghilangkan bekas luka adalah dengan menggunakan rosehip oil dan es batu. Rosehip oil adalah minyak yang biasa di gunakan di klinik-klinik kecantikan untuk menghilangkan bekas jerawat. Minyak ini juga dapat anda gunakan untuk menyamarkan bekas luka di kulit Anda yang sulit untuk di hilangkan.

Caranya adalah dengan mengoleskan minya rosehip oil pada bagian yang belang kemudian diamkan hingga mengering. Setelah mengering lakukan kompres dengan menggunakan es batu selama beberapa menit. Setelah itu bilaslah kulit Anda dengan air.
Baca juga: