search-button

Feb 6, 2017

5 Gejala Kolesterol Tinggi Yang Harus Diketahui Sedini Mungkin

   
Advertisements
Advertisements
Gejala Kolesterol Tinggi
Apotik SehatGejala kolesterol tinggi dalam darah Anda harus segera di deteksi sedini mungkin untuk menghindari dampak buruk yang lebih besar. Gangguan yang dapat di timbulkan oleh kadar kolesterol dalam darah yang terlalu tinggi bukanlah hal sepele yang bisa di abaikan. Berbagai penyakit berbahaya akan segera menyerang Anda jika tidak segera di cegah. Mulai dari stroke, gagal jantung, gangguan pada otak dan kelumpuhan saraf. Tidak ada satu pun penyakit yang tidak serius akibat dari kelebihan kolesterol ini.

Oleh karena itu, sebagai orang yang selalu menginginkan kesehatan sudah seharusnya Anda mengetahui gejala kolesterol tinggi dan pengobatannya apa saja yang muncul pada orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi di dalam darahnya. Dengan tujuan agar bisa melakukan tindakan-tindakan pencegahan sedini mungkin.

Gejala Kolesterol Tinggi

1. Munculnya Bentolan Kuning Di Sekitar Kelopak Mata

Pada orang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah mereka biasanya akan menyebabkan munculnya bentolan berwarna kuning (xanthelasma) di sekitar kelopak mata mereka. Coba Anda perhatikan mata Anda, apakah ada gejala kolesterol tinggi seperti ini?

Jika iya, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis kardio agar Anda mendapat panduan untuk melakukan langkah-langkah pencegahan. Munculnya xanthelasma ini juga merupakan tanda bahwa seseorang memiliki risiko terserang penyakit jantung.

2. Sering Kesemutan Pada Kaki Dan Tangan

Kesemutan merupakan gejala yang di rasakan akibat tersumbatnya aliran darah ke bagian tubuh tertentu seperti tangan atau kaki. Jika Anda sering merasa kesemutan tanpa sebab pada bagian tangan atau kaki, maka ini patut di curigai sebagai gejala kolesterol tinggi. Pasalnya, kolesterol yang tinggi di dalam darah pada akhirnya akan menumpuk membentuk plak yang menumpuk di pembuluh darah. Akibatnya peredaran darah di tubuh Anda menjadi tidak lancar.

3. Sakit Kepala

Sakit kepala memang bisa di sebabkan oleh banyak faktor, namun sakit kepala akibat kolesterol bisa di deteksi karena memiliki ciri yang lebih spesifik. Sakit kepala karena kolesterol tinggi biasanya terjadi pada kepala bagian belakang. Sakit ini akan muncul dalam frekuensi yang semakin bertambah setiap harinya. Jika Anda mengalami sakit kepala pada bagian belakang yang tidak kunjung sembuh, bisa jadi itu merupakan gejala kolesterol tinggi.

4. Sakit Di Bawah Rahang Dan Dada

Semakin bertambahnya plak kolesterol yang menyumbat pembuluh arteri pada penderita kolesterol tinggi, maka aliran darah akan semakin mengecil dan jantung akan bekerja jauh lebih keras. Sebagai dampaknya Anda akan merasa sedikit nyeri pada bagian dada.

Rasa sakit ini akan bertambah setiap harinya dan menjalar pada bagian lain seperti panggul dan bawah rahang. Rasa sakit ini akan berlangsung terus menerus, bahkan pada beberapa kasus dapat menyebabkan kekakuan pada rahang yang menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan berbicara.

5. Masalah Pencernaan Dalam Jangka Panjang

Salah satu gejala kolesterol tinggi yang terkena dampak pada berbagai organ pencernaan pada orang yang  memiliki kadar kolesterol tinggi juga akan ikut mengalami gangguan. Pada awalnya mungkin hanya berupa konstipasi (sulit buang air besar) ringan. Namun semakin hari gangguan pada sistem pencernaan Anda akan semakin parah.

Hal ini di sebabkan karena organ-organ pada sistem pencernaan kurang mendapatkan asupan darah dari jantung, akibatnya fungsi-fungsi organ tersebut akan mengalami penurunan. Jika hal ini di biarkan maka akan berpotensi menyebabkan gangguan pencernaan akut. Seperti susah buang air besar dalam waktu yang lama. Nyeri pada lambung dan ulu hati, serta kerusakan usus besar.
Baca juga: