search-button

Feb 24, 2017

5 Penyebab Sulit Hamil Yang Harus Di Hindari

   
Advertisements
Advertisements
Penyebab Sulit Hamil Yang Harus Di Hindari
Apotik Sehat Penyebab sulit hamil terkadang memang terkadang tidak terlihat secara kasat mata dari luar. Wanita yang terlihat berbadan sehat dan subur mungkin saja lebih sulit hamil di bandingkan dengan mereka yang berbadan kecil dan kurus. Hal ini di sebabkan karena tingkat kesuburan reproduksi wanita memang tidak di tentukan oleh faktor fisik semata. Ada banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan seorang wanita menjadi sulit hamil dari yang kebanyakan wanita lainnya.

Masalah sulit hamil ini seringkali membuat pasangan yang telah menikah sekian lama menjadi sangat gelisah. Telah berbagai macam cara dan pengobatan di lakukan namun hasilnya tetap saja nihil. Oleh karena itu agar terhindar dari masalah sulit hamil ini Anda perlu terlebih dahulu memahami apa saja faktor yang menyebabkan seorang wanita menjadi sulit hamil.

Penyebab Sulit Hamil

1. Menopause Dini

Menopause merupakan istilah yang di gunakan untuk mendefinisikan suatu keadaan pada seorang wanita saat organ reproduksinya tidak lagi dapat memproduksi sel telur. Fase ini merupakan siklus alami yang pasti akan terjadi pada setiap wanita. Menopause terjadi karena folikel pada ovarium wanita telah habis sehingga sel telur tidak lagi dapat di produksi.

Menopause adalah siklus normal, namun ada batasan usia kapan fase ini akan terjadi pada seorang wanita. Pada umumnya sel-sel folikel akan berhenti di produksi ketiak wanita telah memasuki usia di atas 40 tahun, bahkan kebanyakan hingga mencapai usia 50 tahun. Terjadinya fase ini di tandai dengan berhentinya siklus menstruasi bulanan.

Jika menopause terjadi sebelum seorang wanita memasuki usia 40 tahun, maka hal ini sudah bisa di katakana sebagai menopause dini. Jika ini terjadi pada Anda, maka bisa menjadi penyebab susah hamil atau bahkan kehamilan tidak mungkin bisa terjadi.

2. Penggunaan Obat-obatan

Penyebab sulit hamil pada wanita yang kedua adalah terlalu sering mengonsumsi obat-obatan kimia dalam jangka panjang. Jika Anda mengalami suatu penyakit yang mengharuskan Anda mengonsumsi banyak obat-obatan kimia, maka Anda harus meneliti lebih jauh apakah ada efek samping yang di timbulkan terhadap sistem reproduksi Anda.

Beberapa obat tertentu memiliki efek samping yang sangat tidak baik bagi kesuburan organ reproduksi wanita. Bahkan yang terparah dapat menyebabkan terjadinya infertilitas atau kemandulan. Pola hidup buruk seperti merokok dan mengonsumsi alkohol juga penyebab lain terjadinya infertilitas pada wanita yang harus Anda hindari.

3. Stress

Sistem reproduksi pada wanita sangat di pengaruhi oleh aktivitas hormonal. Saat sedang stress, sistem hormon pada tubuh akan ikut terganggu, akibatnya tingkat kesuburan seorang wanita juga akan ikut menurun. Jika Anda ingin cepat hamil, maka sebisa mungkin hindarilah stress

4. Menunda Pernikahan

Menunda pernikahan juga bisa menjadi penyebab sulit hamil pada wanita. Seperti yang sudah di jelaskan diatas jika wanita memiliki batas waktu tertentu dalam memproduksi sel telur. Selain itu kekuatan rahim pada wanita juga akan semakin melemah seiring bertambahnya usia. Jika Anda menunda pernikahan hingga usia di atas 30an, maka kedua faktor ini bisa menjadi akan menjadi penyebab terbesar Anda kesulitan untuk mendapatkan keturunan.

5. Usia

Wanita sangat berbeda dengan pria yang tingkat kesuburannya tidak terlalu di pengaruhi oleh faktor usia secara signifikan. Oleh karena itu wanita sangat tidak di anjurkan untuk menikah pada usia yang terlalu tua. Usia 30an pada wanita bisa di katakana usia yang terlambat untuk menikah. Karena pada usia tersebut wanita memiliki risiko sulit hamil lebih besar daripada mereka yang menikah di usia muda. Usia yang ideal bagi wanita untuk menikah berada pada rentang usia antara 20-25 tahun.
Harus baca: