search-button

Feb 27, 2017

4 Cara Mengobati Jerawat Dengan Jeruk Nipis

   
Advertisements
Advertisements
Apotik SehatCara Mengobati Jerwat Dengan Jeruk Nipis. Jerawat adalah salah satu momok dalam urusan kecantikan yang sangat mengganggu. Bagi siapa saja khususnya wanita, jerawat adalah suatu aib yang menghalangi terpancarnya rona kecantikan dari wajah kita. Selain itu, teksturnya yang mengganjal membuat kita kurang nyaman dalam beraktivitas. Sehingga tak jarang, kita memilih cara menghilangkan jerawat dengan cara memencetnya.

Namun tahukan Anda bahwa menghilangkan jerawat dengan memencetnya adalah sebuah tindakan yang sangat beresiko. Tentu saja, cipratan cairan jerawat yang menyebar ke area lain dapat memicu tumbuhnya jerawat baru. Selain itu, sisa pencetan jerawat dapat meninggalkan bekas berupa bopeng berwarna hitam atau bahkan cekungan menyerupai lubang kecil di wajah. Oleh karena itu, akan sangat baik jika Anda mengetahui cara mengobati jerawat dengan jeruk nipis. Selain mudah, pengobatan alami menggunakan jeruk nipis ini juga aman bagi kulit Anda.

Berbagai Cara Mengobati Jerwat Dengan Jeruk Nipis

Memang jeruk nipis adalah bahan herbal yang sangat mudah dicari. Kita mungkin tanpa sengaja dapat menemukannya di antara deretan bumbu dapur kita. Kendati demikian, cara menghilangakan jerawat dengan jeruk nipis ini layak diperhitungkan. Lalu, bagaimana cara mengobati jerawat dengan jeruk nipis? Anda dapat memilih alternatif-alternatif berikut ini:

1. Gunakan Daging Jeruk Nipis.

Caranya, pilihlah jeruk nipis yang matang dan masih berwarna hijau tapi tidak terlalu tua. Belah menjadi dua bagian. Oleskan buah jeruk nipis tersebut ke seluruh bagian wajah Anda, terutama pada bagian yang berjerawat. Biarkan sari jeruk meresap ke wajah Anda selama beberapa menit. Anda akan merasakan perih menusuk-nusuk wajah Anda, yang menandakan bahwa kulit Anda telah menyerap vitamin C yang dikandung oleh jeruk nipis.

2. Gunakan Air Perasan Jeruk Nipis dan Air Hangat.

Secara umum, cara menghilangakan jerawat dengan jeruk nipis ini tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya. Bedanya, Anda perlu memeras jeruk nipis dan mencampurnya dengan sedikit air hangat. Fungsi air hangat di sini adalah untuk membantu membuka pori-pori kulit Anda sehingga penyerapan vitamin C dalam jeruk nipis akan lebih maksimal.

3. Gunakan Air Perasan Jeruk Nipis Dengan Madu.

Selain menggunakan air hangat sebagai pembantu, Anda juga dapat menerapkan madu sebagai pencampur air perasan jeruk nipis. Seperti kita tahu, madu merupakan bahan alami yang juga kaya akan manfaat bagi kecantikan dan kesehatan. Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis dan madu ini cukup mudah, Anda dapat mencampurkan perasan satu buah jeruk nipis dengan satu sendok teh madu. Aduk secara merata dan jadikan sebagai masker. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas bersih wajah Anda.

4. Gunakan Air Perasan Jeruk Nipis Dengan Air Mawar.

Air mawar merupakan bahan herbal yang memiliki sifat dingin dan berguna untuk kelembaban wajah. Dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan air mawar, Anda akan memperoleh manfaat ganda untuk proses penyembuhan jerawat Anda. Caranya, campurkan air perasan jeruk nipis dengan dua sendok teh air mawar. Gunakan bantuan kapas untuk menyegarkan wajah Anda menggunakan campuran tersebut dan lakukan secara rutin sebelum tidur.

Itulah dia beberapa cara mengobati jerawat dengan jeruk nipis. Cukup mudah bukan? Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C, di mana vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang dapat mempercepat regenerasi sel kulit. Penggunaan jeruk nipis sebagai penyembuh jerawat secara rutin juga diyakini tidak menimbulkan efek samping layaknya jika Anda mengonsumsi obat kimia sebagai penyembuh jerawat.
Baca juga: