search-button

Feb 11, 2017

Manfaat Air Kelapa, Minyak Kelapa dan Santan Untuk Kecantikan

   
Advertisements
Advertisements
Manfaat Air Kelapa
Apotik Sehat – Kelapa sudah di kenal sebagai tanaman yang seluruh bagiannya dapat memberi banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Mulai dari ujung daun hingga akarnya bisa di manfaatkan. Begitu juga dengan buah kelapa yang di dalamnya tersimpan banyak sekali khasiat untuk kecantikan. Berbagai ramuan kecantikan banyak mengambil buah kelapa baik dari air, minyak kelapa, dan santan sebagai bahan utama untuk membuatnya.

Masyarakat Indonesia pun sepertinya juga sudah akrab dengan pemanfaatan kelapa sebagai bahan untuk melakukan perawatan kecantikan. Seperti minyak kelapa yang telah sejak lama di gunakan oleh orang-orang zaman dulu sebagai minyak rambut. Juga air kelapa yang sering di gunakan untuk mengobati penyakit gatal-gatal, campak, dan berbagai gangguan kulit.

1. Manfaat Air Kelapa

Di dalam air kelapa terdapat potassium dan mineral yang sangat baik untuk menghidrasi  dan menjaga kelembaban kulit. Air kelapa juga mana diminum meskipun memiliki rasa manis karena hampir 90 % lebih kandungan air kelapa adalah cairan yang sangat rendah kalori.

Air kelapa juga memiliki manfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh sehingga mempercepat proses pembakaran lemak. Dengan kata lain air kelapa dapat di gunakan sebagai diet dalam program penurunan berat badan Anda.

Selain itu air kelapa juga ampuh sebagai obat alami anti-aging untuk melawan penuaan dini pada kulit. Di dalam air kelapa terkandung zat antioksidan yang dapat melawan berbagai radikal bebas sehingga penuaan menjadi lebih lambat, dan kecantikan Anda akan selalu terjaga.

2. Manfaat Minyak Kelapa

Minyak kelapa sudah di kenal sejak dulu memiliki manfaat untuk merawat kecantikan kulit dan rambut. Di dalam minyak kelapa terdapat kandungan mineral dan asal lemak yang sangat baik untuk kulit dan rambut. Selain itu minyak kelapa juga memiliki kemampuan untuk menjaga kelembaban pada kulit. Senyawa minyak dari minyak kelapa mampu mengikat oksigen yang ada di udara dan menahannya di permukaan kulit, sehingga dapat membuat kulit menjadi lebih lembab dalam waktu yang lama. Khasiat ini biasanya di gunakan untuk mengatasi kulit kepala dan rambut yang kering.
Harus Baca:
Selain memiliki manfaat untuk menjaga dan merawat kecantikan dari luar, minyak kelapa juga dapat memberi manfaat dari dalam tubuh jika di konsumsi. Minyak kelapa memiliki kandungan asam lemak essensial yang baik untuk kesehatan saraf dan otak. Senyawa lainnya yang juga tidak kalah penting dalam kandungan minyak kelapa adalah senyawa asam laurat yang memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri dan menghancurkan sel-sel kanker.

Manfaat Santan

Selain air kelapa dan minyak kelapa, ternyata santan juga memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan dan kecantikan Anda. Mungkin selama santan hanya di gunakan sebagai bahan membuat makanan dan belum banyak yang mengetahui jika di dalamnya juga terkandung khasiat-khasiat untuk menjaga kecantikan.

Santan dapat di gunakan untuk mengobati kulit yang kering. Berbagai masalah seperti kulit berisik dan sensitive akibat kulit yang kering dapat di atasi dengan menggunakan santan. Caranya adalah dengan mengoleskan santan segar pada kulit Anda secara merata kemudian diamkan selama setengah jam. Setelah itu bersihkan dengan air. Lakukan sebanyak 2-3 kali seminggu hingga permasalahan kulit kering Anda hilang.

Senyawa minyak dan lemak yang ada di dalam santan juga dapat di gunakan untuk memulihkan kulit yang memerah karena terbakar panas matahari. Caranya cukup dengan mengoleskan santan pada bagian yang memerah dan terasa perih karena terlalu lama terpapar panas matahari.