search-button

Feb 7, 2017

Manfaat dan Khasiat Tomat Untuk Cegah Kanker Ganas

   
Advertisements
Advertisements

Apotik Sehat – Mencegah serangan kanker tidak harus selalu di lakukan dengan cara-cara yang mahal. Cukup dengan memperbaiki pola hidup dan pola makan saja berarti Anda sudah selangkah lebih baik dalam melawan serangan kanker. Khusus dalam hal pola makan, sebenarnya di sekitar kita ada banyak sekali sumber makanan yang secara khusus dapat mencegah terjadinya kanker. Salah satu diantaranya adalah tomat.

Tomat adalah salah satu buah yang sudah sangat akrab dengan masyarakat Indonesia. Biasanya di gunakan sebagai campuran masakah, di makan langsung, atau di buat menjadi minuman segar. Namun tahukah Anda jika di dalam tomat terdapat khasiat yang sangat ampuh untuk mencegah kanker ganas? Jika belum, simak ulasan berikut ini mengenai manfaat dan khasiat tomat untuk cegah kanker ganas.

Di dalam tomat segar terkandung banyak sekali nutrisi yang bermanfaat untuk mencegah kanker. Warna merah dan kuning pada tomat berasal dari senyawa antioksidan yang bernama likopen. Senyawa ini merupakan senyawa antioksidan kuat yang berperan penting dalam menangkal berbagai radikal bebas penyebab kanker, juga untuk memperkuat imunitas tubuh. Nutrisi lainnya yang terkandung di dalam tomat adalah vitamin A, K, C, magnesium, kalium dan float.

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan merokok atau tinggal di daerah yang berpolusi tinggi, maka tomat muncul sebagai solusi untuk meminimalisir dampak buruk yang bisa di timbulkan. Asap rokok dan polusi adalah sumber radikal bebas terbesar yang setiap hari masuk ke dalam tubuh. Kandungan likopen dan vitamin C yang tinggi di dalam tomat akan mampu melawan serangan radikal bebas yang menjadi pemicu munculnya berbagai jenis kanker tersebut.

Senyawa likopen yang ada pada tomat segar juga memiliki khasiat untuk mencegah terjadinya kerusakan dan perkembangan sel yang tidak normal. Dengan mengonsumsi tomat secara rutin setiap hari akan menurunkan risiko serangan kanker serviks, kanker usus, kanker prostat, dan kanker tenggorokkan.

Cara Terbaik Mengonsumsi Tomat

Agar manfaat dan khasiat tomat untuk mencegah kanker ganas semakin maksimal, maka Anda perlu mengetahui cara-cara mengonsumsi tomat yang benar. Biasanya tomat hanya di konsumsi sebagai campuran untuk membuat sambal atau sup, namun cara tersebut kurang bagus jika tujuan Anda adalah mengambil khasiatnya untuk mencegah kanker.
Baca juga:

Pada saat tomat di masak terlalu lama, maka kandungan likopen yang terdapat pada pigmen kulit tomat akan berkurang. Sehingga khasiatnya untuk mencegah kanker menjadi melemah. Cara terbaik untuk mengonsumsi tomat adalah dengan mengukus tomat hingga lunak. Dengan cara ini maka senyawa likopen yang ada di dalam tomat tidak akan berkurang. Selain itu proses pengukusan ini akan membuat likopen menjadi lebih mudah di serap oleh tubuh.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa mengonsumsi tomat dengan cara di makan segar atau di buat jus. Namun Anda harus menghindari penggunaan gula setiap kali Anda membuat jus tomat. Selain mengurangi khasiatnya, gula berlebih juga justru akan menimbulkan penyakit lain.

Khusus bagi Anda yang sensitif terhadap tomat, mungkin konsumsi tomat ini tidak perlu di lakukan setiap hari. Anda bisa mengonsumsi tomat cukup 2 kali dalam seminggu sebanyak 3 buah setiap kalinya. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya reaksi alergi karena di dalam tomat terdapat senyawa saponin, solanin, dan histamin yang berpotensi menyebabkan gangguan atau alergi pada saluran cerna.
Itulah ulasan mengenai manfaat dan khasiat tomat untuk cegah kanker ganas, semoga bermanfaat untuk Anda.