search-button

Feb 25, 2017

Pengertian Operasi Lasek

   
Advertisements
Advertisements
Operasi Lasek
Apotik SehatOperasi Lasek adalah salah satu jenis metode operasi mata modern untuk mengatasi kelainan seperti refraksi mata. Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi dewasa ini, salah satu dampaknya ternyata dirasakan juga oleh dunia medis. Salah satunya yakni pada metode operasi yang kini tersedia dalam berbagai macam pilihan.

Salah satu contohnya seperti operasi Lasek, operasi ini dikatakan berbeda dengan operasi konvensional yang menggunakan pisau bedah karena menggunakan metode moder. Ya, yakni menggunakan metode laser sehingga tidak membutuhkan pisau bedah. Metode tersebut juga diketahui lebih aman dilakukan dibandingkan metode operasi konvensional.

Operasi Lasek


Prosedur operasi laser sendiri dewasa ini memang menjadi salah satu metode yang paling populer dalam skala dunia. Hal tersebut tentu saja karena metode operasi laser di klaim lebih aman dan juga dirasa lebih akurat. Untuk itu, walaupun membutuhkan biaya yang tidak sedikit, operasi laser cenderung lebih diminati.

Dan sebenarnya, operasi laser untuk kelainan pada refraksi mata sendiri terdapat dua jenis yakni operasi Lasek dan Lasik. Kedua jenis operasi tersebut sebenarnya tidak jauh berbeda, keduanya sama-sama dilakukan dengan tujuan untuk membentuk kembali kornea mata hingga cahaya dapat kembai masuk pada kornea dan lensa.

Kemudian di fokuskan pada bagian retina mata sehingga penghilatan pasien akan kembali tajam seperti saat belum mengalami kelainan refraksi. Operasi Lasek ini dilakukan dengan menggunakan sebuah perangkat yang juga dikenal dengan nama laser excimer. Sehingga sudah tidak menggunakan pisau bedah seperti pada metode operasi konvensional pada umumnya.

Sistematis Operasi Lasek ini dilakukan dengan cara menghilangkan atau mengendurkan lapisan bagian luar kornea mata agar cahaya dapat kembali masuk pada retina dan juga lensa. Selain menggunakan laser excimer, proses operasi lasek tersebut juga menggunakan larutan alkohol selama kurang lebih setengah menit atau 30 detik.

Dan teknologi laser yang digunakan tersebut bertujuan untuk merapikan bagian lapisan tebal di bagian tengah-tengah korea mata. Operasi Lasek ini juga dilakukan biasanya atas saran dokter dan setelah dilihat dan diperiksa terlebih dahulu kondisi kelainan refraksi pada mata. Untuk itu, sebaiknya pasien wajib berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukannya.

Karena pada umumnya, operasi Lasek ini dilakukan pada kondisi kelainan mata seperti kornea mata yang sangat tipis dan uga kondisinya sangat kering. Jika kelainan refraksi mata Anda sudah berada pada tahapan tersebut, maka sebagian besar dokter biasanya akan mereferensikan operasi Lasek dibandingkan dengan operasi Lasik.

Namun terdapat juga kelemahan dari metode operasi Lasek ini, yakni proses pemulihan operasi Lasek sendiri biasanya jauh lebih lama jika dibandingkan dengan operasi Lasik. Demikian di atas tadi adalah sedikit informasi mengenai operasi Lasek untuk mengatasi kelainan refraksi pada mata. Semoga informasi kesehatan di atas dapat menjadi referensi yang bermanfaat.
Harus Baca: