search-button

Sayuran yang Dilarang untuk Penderita Darah Tinggi

   
Advertisements
Advertisements
Sayuran yang Dilarang Penderita Darah Tinggi
Apotik Sehat – Jika bicara soal sayuran yang dilarang untuk penderita darah tinggi, maka sebenarnya tidak banyak sayuran yang tidak boleh dimakan oleh para penderita penyakit hipertensi. Pasalnya seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa dari sisi mana pun sayuran sangatlah baik untuk kesehatan tubuh kita.

Hanya saja memang terdapat beberapa jenis sayuran yang sebaiknya dihindari dan tidak di konsumsi oleh penderita penyakit tertentu, salah satunya seperti pada penderita penyakit hipertensi atau darah tinggi. Bagi penderita hipertensi, makanan tentu saja merupakan aspek penting yang harus sangat diperhatikan.

Sayuran yang Dilarang Penderita Darah Tinggi

Khususnya pada jenis makanan yang memiliki kandungan garam yang tinggi. Pasalnya garam sendiri berpotensi menimbulkan kerusakan pada jantung hingga dapat mengganggu tekanan darah. Selain itu, garam juga memiliki kandungan natrium yang sangat tinggi. Sehingga jika kadarnya berlebihan di dalam tubuh akan memicu peningkatan pada tekanan darah.

Sebenarnya jenis sayuran yang dilarang untuk penderita darah tinggi adalah jenis sayuran olahan dan bukan jenis sayur-sayuran segar. Mengapa demikian? Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa hampir rata-rata jenis sayuran olahan akan dikemas sebagai makanan kalengan. Sedangkan jenis makanan tersebut dibuat dengan kandungan garam yang sangat tinggi.

Hal tersebut sudah tentu untuk mengawetkan makanan di dalam kemasan kaleng agar tidak mudah basi. Dengan kata lain, tentunya kandungan sayur olahan atau sayur kalengan tersebut memiliki kandungan garam yang sangat tinggi. Maka dari itulah jenis sayuran kalengan apapun biasanya tidak akan diperbolehkan bagi para penderita penyakit hipertensi.

Selain jenis sayuran tersebut, tentunya masih cukup banyak jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh para penderita penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Beberapa diantaranya adalah :

Acar

Tidak berbeda jauh dengan jenis sayuran olahan atau sayur kalengan, acar juga diolah menggunakan garam. Kandungan garam yang tinggi pada acar diketahui merupakan salah satu cara untuk mempertahankan umur makanan tersebut. Sehingga dapat dipastikan bahwa acar juga akan memiliki kandungan garam yang sangat tinggi.
Harus Baca:

Buah Kalengan

Tidak hanya sayuran kalengan, buah-buahan yang dikemas dalam kaleng pun diolah dengan cara yang sama. Yakni menggunakan banyak garam sebagai salah satu cara untuk mengawetkan makanan tersebut. Sehingga walaupun jenis sayur dan buah-buahan, makanan kalengan tetap tidak baik bagi para penderita penyakit hipertensi atau darah tinggi.

Makanan Olahan

Tidak hanya acar, buah dan sayuran olahan, penderita hipertensi atau darah tinggi juga sebaiknya menghindari berbagai macam jenis makanan olahan. Karena selain memiliki kandungan garam yang tinggi, makanan olahan juga memiliki kandungan bahan pengawet yang sangat tinggi. Dimana bahan pengawet tersebut merupakan sumber natrium yang dapat memicu tekanan darah tinggi.

Itulah beberapa jenis sayuran yang dilarang untuk penderita darah tinggi. Sayuran dan buah-buahan memang baik untuk tubuh kita, namun yang paling baik adalah sayuran dan buah-buahan segar dan bukan makanan olahan. Semoga bermanfaat.