search-button

Mar 4, 2017

Cara Mengobati Batu Ginjal Dengan Jeruk Nipis, Tradisional Alami

   
Advertisements
Advertisements
Cara Mengobati Batu Ginjal Dengan Jeruk Nipis
Apotik Sehat – Batu ginjal dapat diobati dengan berbagai cara. Ada cara mengobati batu ginjal dengan jeruk nipis. Jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat yang mempunyai manfaat untuk mencegah terbentuknya batu ginjal, terutama batu ginjal kalsium karena jeruk nipis mencegah pengendapan kalsium di dalam ginjal.

Penyebab Penyakit Batu Ginjal

Ginjal adalah organ tubuh manusia yang fungsinya sebagai penyaring berbagai zat dalam tubuh. Apabila ginjal terganggu akan menyebabkan kefatalan. Penderita ginjal sebagian besar disebabkan oleh pemanasan global. Udara yang panas dapat menyebabkan cairan dalam tubuh berkurang dan menyebabkan proses filtrasi ginjal menjadi terhambat.

Hambatan jika terjadi secara terus menerus akan mengakibatkan pengendapan dan penumpukan zat dan dapat menyebabkan batu ginjal tersebut terbentuk. Penyebab lain batu ginjal adalah kurangnya cairan dalam tubuh yang disebabkan kurangnya minum. Manusia wajib minum 8 gelas per hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Apabila tidak terpenuhi maka kemungkinan terkena penyakit ginjal sangat besar.

Gejala Penyakit Batu Ginjal

lJika batu ginjal dalam tubuh terlalu kecil, maka penderita belum begitu merasakannya. Karena batu ginjal yang berukuran kecil bisa keluar secara alami lewat ureter. Ureter yaitu saluran yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih. Apabila ukuran batu ginjal agak besar dan lebih besar dari saluran ureter, maka penderita baru akan merasakannya.

 Batu ginjal yang besar akan bergesekan dengan lapisan dinding ureter sehingga menyebabkan iritasi dan luka. Kadang urine bercampur dengan darah. Gejala batu ginjal yang bergesekan dengan ureter adalah nyeri pada pinggang, perut bagian bawah atau samping, dan selangkangan. Sedangkan gejala yang disebabkan karena infeksi ginjal antara lain urine keruh dan berbau tidak sedap, badan lemas, menggigil dan demam tinggi jika anda sudah menderita batu ginjal maka segera ditangani.

Jangan sepelekan penyakit batu ginjal karena apabila dibiarkan maka dampaknya akan semakin buruk. Dan apabila sudah parah maka tindakan operasi bisa dilakukan. Bukan hanya biaya saja yang menjadi beban tetapi bisa saja penyakit tersebut muncul kembali. Dengan cara mengobati batu ginjal dengan jeruk nipis bisa menjadi obat yang mujarab. Kandungan sitrat di jeruk nipis lokal 10 kali lebih banyak dibandingkan dengan kandungan dalam jeruk keprok. Jeruk nipis bisa dikonsumsi secara langsung atau bisa juga dicampur dengan minuman yang lain ataupun madu.

Cara mengobati batu ginjal dengan jeruk nipis yang tepat untuk meminum jeruk nipis adalah pada malam hari, karena pada malam hari saat badan sudah beraktifitas maka pengendapan batu ginjal sedang berlangsung, sehingga lebih efektif untuk mengkonsumsinya di malam hari. Selain asam sitrat, jeruk nipis juga memiliki unsur-unsur senyawa kimia yang bermanfaat untuk tubuh, misalnya linalina setat, limonen, geranil asetat, sitral dan fellandren.
Harus Baca: