search-button

5 Obat Infeksi Saluran Kemih di Apotek (ISK)

   
Advertisements
Advertisements
Obat Infeksi Saluran Kemih di Apotik
Apotik Sehat – Perlu diketahui terlebih dahulu sebelumnya bahwa Obat Infeksi Saluran Kemih di Apotik yang akan coba kami referensikan kali ini bukanlah merupakan obat bebas, melainkan merupakan obat yang diresepkan oleh dokter. Namun memang pembeliannya dapat dilakukan di apotik manapun, tentunya dengan resep dari dokter.

ISK atau penyakit infeksi salurah kemih adalah kondisi infeksi yang terjadi di bagian saluran kemih. Infeksi tersebut disebabkan oleh salah satu jenis bakteri yang masuk pada saluran kemih yakni E. Coli atau Escherichia coli. Biasanya, bakteri ini masuk ketika seseorang kurang baik membersihkan area genital pasca buang air kecil ataupun buang air besar.

Gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Adapun beberapa gejala yang akan dialami oleh penderita penyakit ISK atau infeksi saluran kemih antara lain seperti :
  • Anyang-anyangan, atau selalu ingin buang air kecil
  • Perih dan nyeri saat buang air kecil
  • Nyeri di perrut bagian bawah
  • Urin mengeluarkan bau yang menyengat
  • Nyeri punggung
  • Warna urin cenderung keruh hingga disertai darah
Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Untuk pengobatan ISK atau penyakit infeksi saluran kemih ini sebaiknya ditangani oleh ahli medis seperti dokter. Dan inilah obat infeksi saluran kemih di apotik yang biasanya akan diresepkan oleh dokter.

Obat Infeksi Saluran Kemih di Apotik

1. Ciprofloxacin

Salah satu jenis obat medis yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit ISK atau infeksi saluran kemih adalah Ciprofloxacin. Obat tersebut diketahui memiliki kandungan antibiotik dengan indikasi menangani berbagai macam jenis infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Cara kerja obat infeksi saluran kemih ini ialah membunuh langsung bakteri yang menyebabkan infeksi.

2. Levofloxacin

Obat antibiotik infeksi saluran kencing yang kedua yang berasal dari golongan quinone, yang juga dapat mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri seperti ISK atau infeksi saluran kemih. Berbeda dengan obat sebelumnya, Levofloxacin bekerja dengan cara menghambat proses duplikasi DNA bakteri hingga tidak dapat berkembang biak.

3. Amoxicillin

Kita semua mungkin sudah tak asing lagi dengan obat yang satu ini. Ternyata, Amoxicillin juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit infeksi saluran kemih atau ISK. Amoxicillin dapat digunakan untuk mengobati infeksi saluran kemih karena memiliki kandungan antibiotik penisilin yang akan menghambat proses pembentukan dinding sel bakteri.
Harus Baca:

4. Nitrofurantoin

Obat selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengobati ISK atau infeksi saluran kemih adalah Nitrofurantoin ini. Sama seperti obat sebelumnya, Furantoin juga merupakan salah satu jenis obat antibiotik yang akan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Obat ini juga merupakan obat resep yang dapat dibeli hanya dengan resep dokter.

5. Trimethroprim

Dan obat terakhir yang dapat digunakan untuk mengobati ISK atau infeksi saluran kemih adalah Trimethroprim ini. Trimethroprim juga merupakan salah satu jenis obat antibiotik yang dapat digunakan untuk menghambat hingga menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Sehingga bakteri tidak akan berkembang dan infeksi pun akan mereda.

Demikian di atas tadi adalah informasi obat infeksi saluran kemih di apotik yang telah kita ketahui bersama. Obat di atas tadi dapat dibeli di apotik namun merupakan obat resep yang harus dibeli menggunakan resep dokter. Semoga informasi obat medis di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semuanya.