search-button

Cara Mengobati Telinga Berair Dengan Bawang Putih

   
Advertisements
Advertisements
Cara Mengobati Telinga Berair Dengan Bawang Putih
Apotik SehatCara Mengobati Telinga Berair Dengan Bawang Putih. Salah satu organ penting dalam tubuh kita ialah telinga. Telinga menjadi organ penting dalam tubuh kita karena memang organ satu ini berfungsi untuk mendengar segala hal dalam hidup kita. Namun bagaimana jika organ penting dalam tubuh kita ini mengalami permasalahan atau terkena penyakit. Tentu hal tersebut akan menjadi masalah yang cukup besar.

Salah satu penyakit yang sering terjadi pada bagian telinga ialah penyakit telinga berair. Penyakit ini memang belum diketahui secara pasti kaitannya dengan penyebabnya. Kondisi telinga berair ini memang membuat penderitanya sangat terganggu dan penyakit ini juga menimbulkan rasa sakit dalam bagian telinga.
Jika memang telinga Anda berair, seharusnya Anda segerakan periksakan ke dokter THT karena bisa jadi jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat akan menimbulkan kerusakan pada gendang telinga Anda.

Berbicara cara pengobatan telinga air memang ada beberapa baik yang medis dan non medis dan salah satunya ialah cara mengobati telinga berair dengan bawang putih. Berikut ialah penjelasannya yang diambil dari portal halosehat.

Penyebab Telinga Berair

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara mengobati telinga berair dengan bawang putih, alangkah baiknya kita mengetahui penyebab dari penyakit telinga berair ini. Salah satu penyebab dari telinga berair ialah karena kemasukan air.

Telinga kemasukan air memang banyak terjadi khususnya bagi Anda yang sering melakukan aktivitas di air, mungkin berendam atau berenang. Telinga yang kemasukan air tersebut memang akan menganggu pendengaran sementara, oleh karena itu, sebaiknya Anda memakai pelindung kuping atau menyiasati agar telinga Anda tidak kemasukan air.
Harus Baca:
Selain kemasukan air, penyebab telinga berair selanjutnya ialah karena terjadinya infeksi di dalam telinga Anda. Hal yang perlu Anda tahu bahwa infeksi tidak hanya disebabkan oleh kuman dan bakteri saja, namun juga disebabkan oleh tindakan seperti mengorek telinga terlalu keras dengan cotton bud atau bahkan karena kemasukan serangga. Dan infeksi telinga ini dibagi menjadi dua, yakni infeksi telinga dalam dan infeksi telinga luar. Selain itu, juga ada beberapa penyebab lainnya kaitannya dengan telinga berair.

Mengobati Telinga Berair Dengan Bawang Putih

Selama ini selain sebagai bumbu masak, bawang putih memang digunakan untuk menyembuhkan penyakit, seperti sakit gigi. Ternyata, selain menyembuhkan penyakit tersebut, bawang putih juga bisa digunakan untuk menyembuhkan telinga berair. Hal tersebut disebabkan karena kandungan antiseptic dari bawang putih ini yang cukup tinggi. Kandungan antiseptic memang dikenal sangat ampuh untuk menyembuhkan telinga berair.

Bagaimana cara mengobati telinga berair dengan bawang putih? Caranya cukup mudah, Anda cukup siapkan beberapa siung bawang dan kupas dan cuci hingga bersih bawang tersebut. Rebuslah bawang tersebut hingga menjadi lunak dan tumbuk bawang tersebut. Kemudian saring air dari tumbukkan bawang tersebut dan setelah itu Anda bisa menggunakan cotton bud untuk meneteskan ke telinga Anda.