search-button

Fasilitas BPJS Kelas 1 Untuk Melahirkan

   
Advertisements
Advertisements
Fasilitas BPJS Kelas 1 Untuk Melahirkan
Apotik SehatApa saja fasilitas BPJS kelas 1 untuk melahirkan? Pertanyaan tersebut mungkin akan terdapat di pikiran Anda yang tengah mempersiapkan proses persalinan dengan jaminan kesehatan seperti BPJS. Ya, selain untuk berobat jalan hingga rawat inap, BPJS juga tentu dapat digunakan untuk proses persalinan.


Jika dilihat dari sisi fasilitas yang diperoleh melalui kelas-kelas BPJS, sebenarnya perbedaan yang diperoleh mungkin tidak jauh berbeda antara satu dengan lainnya. Baik saat digunakan berobat di puskesmas atau klinik (FKTP) ataupun di rumah sakit (FKTL). Dan perbedaan tersebut biasanya akan diketahui ketika digunakan untuk rawat inap.

Fasilitas BPJS Kelas 1 Untuk Melahirkan

Kondisi tersebut tidak berbeda jauh saat BPJS Kesehatan digunakan untuk proses persalinan aau melahirkan. Baik melahirkan normal hingga persalinan tidak normal yang membutuhkan tindakan seperti Caesar, maka akan biayanya akan dicover penuh oleh BPJS. Untuk mengetahui informasi lengkapnya, maka inilah fasilitas BPJS kelas 1 untuk melahirkan.

Fasilitas Kamar Inap Kelas 1 BPJS

Perbedaan fasilitas yang paling signifikan antara kelas 1 dengan kelas lainnya adalah kamar rawat inap. Karena untuk biaya obat yang di klaim oleh BPJS biasanya tidak berbeda antara kelas 1 hingga kelas 3. Adapun fasilitas kamar rawat inap dari BPJS kelas 1 yakni dengan 2 hingga 4 bed tiap kamarnya.

Fasilitas Pemeriksaan Kesehatan

Adapun beberapa fasilitas lain yang akan diterima oleh pasien ibu melahirkan pada BPJS Kesehatan kelas 1 antara lain seperti :
  1. Pemeriksaan ANC
  2. Pemeriksaan PNC
  3. Pelayanan tindak pasca persalinan di FKTP atau Puskesmas PONED
  4. Pelayanan pra rujukan pada kompikasi kebidanan dan juga neonatal
  5. Persalinan pervaginam yang menggunakan tindakan emergensi dasar atau normal di FKTP atau Puskesmas PONED
  6. Pelayanan pemasangan KB IUD dan juga suntik
  7. Penanganan komplikasi KB pasca melahirkan
  8. Pelayanan untuk KB vasektomi atau MOP
Harus Baca:

Fasilitas Persalinan Tidak Normal (Caesar) BPJS Kelas 1

Jika pasien diketahui mengalami gangguan pada proses persalinan normal, maka pasien dapat rujukan untuk proses operasi caesar ke rumah sakit yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Fasilitas yang diperoleh mungkin akan berbeda di setiap kelas, namun cover biaya untuk pesera kelas 1 diketahui berkisar antara :
  • Operasi Caesar Ringan : Rp. 7.333.000
  • Operasi Caesar Sedang : Rp. 8.092.000
  • Operasi Caesar Berat : Rp. 11.081.400

Fasilitas Hak Naik Kelas BPJS Kelas 1

Pasca proses persalinan, tentunya seorang ibu akan menginginkan kondisi ruangan (kamar) yang sangat nyaman. Terlebih jika proses persalinannya dilakukan secara caesar atau operasi, maka sudah tentu ibu pun harus menjalani rawat inap hingga pulih. Untuk pasien kelas 1, diketahui terdapat fasilitas hak untuk naik kelas ke kelas yang lebih tinggi.

Dan untuk kelas 1, maka dapat mengajukan naik kelas tentunya ke kelas yang lebih tinggi seperti VIP atas permintaan sendiri. Namun perpindahan tersebut akan dikenakan tarif tambahan dari selisih kedua kelas tersebut yang wajib dibayar oleh peserta BPJS kelas 1.

Demikian di atas tadi adalah sedikit ulasan mengenai fasilitas BPJS kelas 1 untuk melahirkan yang telah kita ketahui bersama. Semoga informasi kesehatan di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semuanya.