search-button

5 Cara Mengatasi Jerawat Saat Masa Kehamilan

   
Advertisements
Advertisements
Cara Mengatasi Jerawat  Saat Masa Kehamilan
Apotik SehatCara Mengatasi Jerawat  Saat Masa Kehamilan. Pada usia tiga bulan pertama kehamilan, ibu hamil mengalami peningkatan jumlah hormon. Hal ini dapat memicu timbulnya jerawat pada seorang ibu hamil. Anda tidak perlu resah, sebab ada cara aman yang bisa Anda lakukan untuk mengusir tamu kecil tak diundang tersebut. Peningkatan hormon androgen bertanggungjawab atas jerawat yang timbul di wajah Anda.

Hormon tersebut bisa merangsang kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak dengan nama sebum. Jerawat bisa muncul ketika sebum bercampur dengan sel-sel kulit mati di wajah anda. Pertemuan tersebut dapat menutup pori-pori kulit dan memicu timbulnya bakteri berkembang dengan cepat. Berikut ada beberapa jenis zat pada obat jerawat yang aman dan terlarang saat masa kehamilan.

Mengatasi Jerawat Saat Masa Kehamilan

1. Gunakan Zat Yang Aman

Beberapa dokter kulit merekomendasikan obat jerawat yang mengandung asam azelaic, benzoyl peroxide, clindamycin, eritromisin atau glycolic acid. Karena, ingkat penyerapan zat ini ke tubuh hanya sekitar 5 persen, yang dipercaya tidak akan memengaruhi janin dalam kandungan. Meskipun begitu, saat masa kehamilan harus lebih berhati-hati karena banyak obat jerawat yang belum teruji keamanannya. Cara mengatasi jerawat  saat masa kehamilan sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum anda memutuskan memakai obat jerawat.

2. Menggunakan Lemon

Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C yang bagus untuk mengobati jerawat dengan aman bagi wanita yang tengah mengandung. Selain vitamin C, Zat alpha hydroxy acid (AHA) yang dapat ditemui di lemon, untuk mendapatkan manfaatnya, celupkan kapas pada perasan lemon kemudian oleskan pada jerawat, lalu diamkan hingga kering dan bilas dengan air dingin.
Harus Baca:
3. Madu Untuk Masker Jerawat
Cara mengatasi jerawat  saat masa kehamilan selanjutnya adalah menggunakan madu. Meskipun sedang dalam kondisi hamil, sebagai seorang wanita juga perlu tampil cantik saat masa kehamilan. Madu ampuh untuk mengusir jerawat di wajah,  karena madu terdapat zat antiseptik dan antibakteri. Cara menggunakannya madu sebagai obat jerawat yaitu cuci bersih wajah dengan air hangat, kemudian oleskan madu ke area yang diinginkan atau sebagai masker dan diamkan selama 30 menit lalu bilas menggunkan air hangat.

4. Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa ini memiliki zat anti jamur dan anti bakteri, yang aman digunakan saat masa kehamilan Anda. Karena minyak ini terbuat dari bahan yang alami dan tanpa adanya bahan tambahan yang berbahaya untuk kulit wajah Anda. Dengan minyak ini Anda dapat mengoleskan ke area yang ada jerawatnya, niscaya jerawat tersebut akan kempes dengan cepat. Selain itu, minyak kelapa juga dapat menyejukkan kulit serta mampu mengangkat sel kulit mati.

5. Konsumsi Buah-buahan

Saat sedang dalam masa kehamilan memang dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi buah-buahan, tak hanya untuk menjaga kesehatan saat masa kehamilan. Namun, banyak mengkonsumsi buah-buahan juga akan membuat kulit Anda lebih segar. Kulit wajahpun akan senantiasa berseri jika Anda rutin mengkonsumsi buah. Sedangkan buah yang dipercaya bisa mengatasi masalah jerawat di wajah Anda seperti mengkudu, belimbing, stawberry, bengkoang dan masih banyak lagi.

Membersihkan wajah dengan benar juga harus Anda terapkan pada saat masa kehamilan. Namun, jangan berlebihan mencuci wajah. Cukup lakukan dua kali saja sehari, gunakanlah sabun atau pembersih wajah yang lembut tanpa zat berbahaya. Demikianlah cara mengatasi jerawat  saat masa kehamilan semoga bermanfaat.