search-button

May 13, 2017

5 Manfaat Asparagus Untuk Ibu Hamil

   
Advertisements
Advertisements
Manfaat Asparagus Untuk Ibu Hamil
Apotik SehatManfaat Asparagus untuk Ibu Hamil. Asaparagus, sepertinya jenis sayuran yang satu ini merupakan salah satu jenis sayuran yang saat ini kurang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan jarang terdapat sayuran asparagus ini di pasar-pasar tradisional. Sayur asparagus ini biasanya dapat ditemui di pasar modern dan supermarket, dan harganya pun lumayan tinggi dibandingan harga sayuran hijau lainnya.

Selain dapat konsumsi bagi para pelaku diet, sayur asparagus ini juga dinilai sebagai salah satu jenis sayuran yang sangat baik akan manfaat dan khasiatnya bagi ibu hamil. Sayur asparagus sendiri mampu mempengaruhi perkembangan janin dan bayi terutama pada masa kehamilan. Berikut ini merupakan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung dalam sayur asparagus dan manfaatnya bagi kesehatan ibu hamil.

Manfaat Asparagus Bagi Ibu Hamil

1. Mencegah Cacat Janin

Sayur asparagus mengandung asam folat yang berguna untuk mencegah terjadinya cacat janin pada ibu hamil. Kandungan asam folat yang terkandung dalam asparagus ini membantu menurunkan kadar homosistein, sehingga peredaran darah seorang ibu hamil akan lancer. Jenis kelainan janin yang dapat dicegah seperti spina bifida, anencephali dan saraf janin.

2. Pembentukan Sel Baru

Pembetukan sel baru pada ibu hamil sangatlah penting, karena ini akan membantu perkembangan si janin juga. Pada trismester pertama kehamilan asam folat sangat dibutuhkan dalam pembentukan sel baru untuk replica DNA, selain itu menurut penelitian bahwa asam folat yang terdapat di asparagus membantu menekan sel kanker dan serangan jantung.
Harus Baca:

3. Mencegah kerusakan DNA

Manfaat asparagus bagi ibu hamil bahwasannya terdapat senyawa glutathione yang berfungsi sebagai antioksidan, dimana antioksidan dipercaya dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyerang tubuh. Jika hal ini terjadi dan radikal bebas masuk kedalam tubuh ibu hamil, maka akan menyebabkan terjadinya kerusakan DNA dan sel lain pada janin.

4. Menjaga Pencernaan

Zat inulin yang terkandung dalam zat asparagus ini berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan. Inulin merupakan zat sejenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh, tapi inulin ini berfungsi sebagai bakteri baik yang dapat menyehatkan pencernaan dan melindungi tubuh dari bakteri jahat.

5. Menjaga Aliran Darah tetap Normal

Bagi ibu hamil untuk menjaga aliran darah tetap normal itu sangatlah penting, karena jika aliran darah seorang ibu hamil tidak stabil maka akan membahayakan dari kondisi janin atau si ibu hamil. Dengan mengkonsumsi asparagus dengan tidak berlebihan ini akan membantu aliran darah pada ibu hamil akan tetap tejaga, agar keselamatan janin dan ibu tidak dalam bahaya.
Itulah artikel mengenai manfaat asparagus untuk ibu hamil yang juga bisa memperoleh manfaat dari asparagus dengan mengolahnya dengan cara di buat sup dan dikombinasikan dengan bahan-bahan makanan lain yang tentunya menyehatkan.