search-button

May 28, 2017

5 Manfaat Olah Raga bagi Ibu Hamil

   
Advertisements
Advertisements
Manfaat Olah Raga bagi Ibu Hamil
Apotik Sehat – Manfaat Olahraga Bagi Ibu Hamil. Sebelum melakukan olahraga, seorang ibu hamil dianjurkan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter atau bisan mengenai jenis olahraga yang sebaiknya dilakukan. Hal semacam ini akan sangat berguna untuk menghindarikan sesuatu yang tidak diinginkan akibat kegiatan olahraga buruk. Pastikan melakukan olahraga yang bersifat ringan seperti berjalan atau senam ibu hamil, bukan justru berolahraga berat.

Perlu diketahui banyak manfaat yang didapat bagi ibu hamil saat menjalankan olaraga secara rutin. Salah satunya adalah proses kehamilan yang sedang dijalani tetap sehat dan persalinan nantinya akan berjalan lancar. Tentu saja seseorang yang gemar berolahraga memiliki kebugaran berbeda dibanding dengan yang malas melakukan olahraga. Beberapa manfaat lain dari olahraga yang baik untuk dilakukan ibu hamil adalah sebagai berikut.

Manfaat Berolahraga Untuk Ibu Hamil

1. Membantu Mempersiapkan Proses Persalinan

Jika kondisi ibu hamil semakin kuat karena sering melakukan olahraga, memungkinkan proses kelahiran kelak akan berjalan lancar. Bisa dikatakan proses kelahiran tersebut mirip dengan lari cepat yang tentu saja memerlukan banyak stamina tubuh, determinasi, dan fokus. Dengan banyak berlatih melalui olahraga yang teratur akan mempermudah usaha ibu hamil untuk memperpendek rentang waktu yang dibutuhkan untuk melahirkan bayi.

2. Meningkatkan Energi Ibu Hamil

Proses kehamilan mampu memakan energi yang banyak, tetapi dengan olahraga yang rutin bisa membantu ibu hamil mengatur aktifitas harian lebih terjadwal. Salah satu manfaat olah raga bagi ibu hamil akan memperkuat sistem kardio vaskular, sehingga tidak akan mudah terasa lelah. Pasalnya otot yang kuat dan terbentuk, seorang ibu hamil tidak memerlukan usaha secara berlebih untuk melakukan berbagai aktifitas apapun baik kebutuhan harian atau pekerjaan.

3. Mengurangi Stress dan Meningkatkan Semangat

Pastikan anda akan memiliki semangat tinggi jika akan melahirkan seorang anak. Dengan berolahraga kondisi anda akan tambah lebih semangat dan tidak akan merasa cemas atau sering merasa letih. Terbukti dari sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga mampu meningkatkan tingkat serotin tubuh, dimana reaksi kimia otak yang akan mempengaruhi mood seseorang.
Baca juga:

4. Mengurangi Rasa Tidak Nyaman Saat Kehamilan

Melakukan olahraga dengan teratur mampu meregangkan sekaligus memperkuat otot-otot anda yang membuat tubuh menjadi lebih toleran terhadap rasa sakit selama proses kehamilan. Adapun peregangan sebetulnya dapat mengurangi rasa sakit di bagian punggung, tentu saja olahraga berjalan akan bisa meningkatkan sirkulasi, sedangkan olahraga berenang akan memperkuat otot-otot abdomen di dalam tubuh ibu hamil.

5. Frekuensi Tidur Lebih Baik

Di dalam menemukan posisi tidur yang nyaman bisa menjadi hal yang berat dilakukan. Apalagi saat wanita hamil telah mengandung seberat 7 kg atau lebih di bagian perut. Akan tetapi, dengan berolahraga rutin di setiap minggunya ibu hamil terbantu dalam membuang energi dan membuatnya cukup lelah, sehingga akan menjadikan mereka tidur lebih nyenyak dan nyaman.
Itulah manfaat yang didapat dari olahraga bagi wanita hamil. Setidaknya dengan tetap aktif berolahraga anda telah membantu diri anda sendiri untuk merasa lebih baik dan meningkatkan peluang anda untuk mendapatkan berat badan yang sehat.