search-button

May 22, 2017

5 Perlengkapan Bayi yang Harus Dipersiapkan Sejak Awal

   
Advertisements
Advertisements
Perlengkapan Bayi
Apotik SehatPerlengkapan Bayi yang Harus Dipersiapkan Sejak Awal - Kebahagiaan dari lahirnya si buah hati harus pula diiringi oleh perlengkapan bayi untuk membesarkannya dengan kesungguhan hati, termasuk didalamnya menyiapkan perlengkapan bayi sejak awal. Pasti bahagia sekali rasanya menunggu kehadiran si buah hati Anda di tengah-tengah keluarga. Namun, ada banyak Ibu terutama yang sedang menantikan anak pertama, kadang bingung mengenai persiapan apa yang harus dilakukan supaya dapat merawat bayi mereka dengan benar.

Sebenarnya, bayi sama saja dengan setiap orang dewasa yang membutuhkan makanan, pakaian, serta tempat tinggal yang membuatnya nyaman. Perbedaannya, bayi adalah manusia kecil yang rapuh dan masih membutuhkan perhatian lebih untuk menjaga kesehatannya. Untuk mengatasi rasa cemas bunda, kami mencoba membantu menyajikan daftar mengenai apa saja perlengkapan bayi yang harus dipersiapkan sejak  awal oleh para Ibu demi menyambut kedatangan si kecil di dunia ini.

Perlengkapan Bayi yang Harus Dipersiapkan

1. Pakaian Bayi

Tentunya perlengkapan bayi yang harus dimiliki para Ibu yang penting dan wajib dipunyai adalah baju untuk bayi Anda. Perlengkapan pakaian lengkap bayi meliputi, baju, celana, kaos kaki, sarung tangan, kain bedong hingga gurita. Minimal, sediakan 1 lusin untuk tiap-tiap barang tersebut tadi. Perlengkapan pakaian ini akan dipakai oleh buah hati Anda dalam beberapa bulan pertama kehidupannya. Siapkan juga baju dengan lengan panjang untuk bayi.

2. Selimut

Perlengkapan si buah hati yang baru lahir berikutnya dan sebaiknya sudah disiapkan sebelum kelahiran sang buah hati adalah selimut. Sediakan minimal 3 selimut yang berbahan halus, lembut dan mudah cara pakainya. Persiapkan pula kain yang berguna untuk membungkus sang buah hati kurang lebih 5 lembar. Kain pembungkus bayi tersebut dapat dipakai untuk mengelap muntahan bayi ataupun cairan makanan yang biasa keluar dari mulut bayi.

3. Popok Bayi

Sebelum membeli popok jenis apa yang hendak bunda beli, ketahuilah bahwa bayi baru lahir membutuhkan setidaknya 10 sampai 12 popok setiap harinya. Hal ini tentunya berkaitan dengan jumlah popok yang harus dipersiapkan. Setidaknya siapkanlah 3 lusin popo untuk kebutuhan 3 hari, agar anda tidak terlalu sering untuk meninggalkan sang buah hati dirumah atau dirumah sakit. pilihlah jenis popok yang membuat nyaman bagi pantat bayi dan yang paling penting Anda harus senantiasa menjaga kebersihannya.
Harus Baca:

4. Perlengkapan Minum Susu

Ada baiknya sebagai orang tua tetap menyiapkan botol susu bayi, baik bagi bunda yang berencana memberikan ASI ekslusif pada buah hatinya, apalagi yang berencana memberikan susu formula pada bayinya. Botol susu tersebut dapat digunakan untuk menampung dan memberikan ASI pada bayi yang baru lahir. Sediakan setidaknya 2-3 botol susu, usahakan bila berbahan plastik pilihlah dengan yang berbahan BPA free. Selain botol susunya, Anda juga perlu menyiapkan sikat botol susu juga untuk membersihkannya.

5. Perlengkapan Mandi Bayi

Perlengkapan bayi baru lahir yang harus dipersiapkan sejak awal lainnya adalah bathtub untuk bayi, siapkan juga sabun dan shampoo khusus untuk bayi, belilah produk yang mengandung pelembap agar kulit bayi tidak kering dan iritasi. Anda juga membutuhkan handuk untuk buah hati anda, pilihlah handuk dengan bahan yang lembut dan juga cepat menyerap air.

Merencanakan yang terbaik bagi buah hati merupakan hal yang pasti dan wajib dilakukan oleh calon orangtua. Hal tersebut dapat dimulai dari hal yang paling kecil seperti membeli perlengkapan bayi yang harus dipersiapkan sejak awal kelahiran sang buah hati. Semoga artikel ini mampu memberikan manfaat untuk para pembacanya.