search-button

May 19, 2017

Cara Mengobati Usus Buntu Dengan Kulit Manggis

   
Advertisements
Advertisements
Cara Mengobati Usus Buntu Dengan Kulit Manggis
Apotik SehatCara mengobati usus buntu dengan kulit manggis bisa Anda ketahui dengan menyimmak pembahasan berikut ini. Manggis mempunyai rasa yang enak daging buahnya berasa manis dan penuh dengan kandungan nutrisi ataupun vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain itu kulit dari buah yang satu ini juga mempunyai khasiat dan dapat dijadikan obat herbal yang bisa bermanfaat bagi tubuh apabila diolah dengan benar.

Setiap orang memiliki usus buntu yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh. Usus buntu adalah bagian dari usus besar dan posisinya diujung permukaan usus besar, bentuknya seperti cacing. Usus buntu yang normal tidak berbahaya, yang berbahaya adalah saat meradang. Penyebab radang usus buntu karena ada sumbatan di usus buntu. Sumbatan tersebut mengakibatkan pembengkakan yang mengakibatkan dinding usus buntu rapuh dan lama lama akan pecah.

Manfaat Kulit Manggis

Kulit manggis mempunyai manfaat yaitu sebagai antioksidan yang mampu membuang racun dari dalam tubuh dan juga memiliki kemampuan untuk menjelajah ke seluruh tubuh yang fungsinya untuk menangkal radikal bebas yang dapat menetralisir zat beracun yang ada di dalam tubuh. Kulit manggis juga dapat mengatasi keracunan makanan, memperkuat kekebalan tubuh, juga dapat menormalkan tekanan darah, mengobati sesak nafas, mengobati serta mencegah kanker, mencegah penyakit desentri, mencegah kerusakan DNA, mengurangi pembengkakan ketika menstruasi, meringankan sakit gigi, mengobati diare, mengobati batu ginjal, menurunkan berat badan dan berbagai manfaat lainnya.

Cara Mengolah Kulit Manggis Sebagai Obat Usus Buntu

1. Dibuat Jus

Cara mengobati usus buntu dengan kulit manggis yang pertama yaitu kulit buah manggis tersebut dikerok dan kemudian ditaruh ke dalam blender dan tuangkan air matang sekitar 1 gelas, tambahkan gula secukupnya. Disarankan agar Anda menggunakan gula merah atau gula jawa Anda juga bisa menambahkan madu. Setelah bahan diletakkan di blender lalu blender sampai halus. Setelah itu sajikan dan diminum secara rutin 2 kali sehari.
Harus Baca:

2. Direbus dan di keringkan

Ambilah kulit buah manggis, lalu iris tipis tipis kemudian jemur di bawah sinar matahari sampai kering. Penjemuran dilakukan agar kulit manggis tersebut bisa bertahan lama dan tahan terhadap jamur. Untuk dijadikan obat, ambilah kulit manggis yang sudah kering tersebut sekitar satu genggam kemudian direbus dengan segelas air. Tunggulah beberapa saat hingga kulit manggis tersebut menjadi layu. Setelah layu, maka ambilah kulit manggis tersebut kemudian dicampurkan dengan buah lain kemudian di jus.

3. Ditumbuk

Caranya kulit manggis dikeringkan terlebih dahulu, setelah kering lalu ambil kulit manggis tersebut lalu ditumbuk hingga menjadi serbuk halus. Cara mengobati usus buntu dengan kulit manggis maka ambilah serabut kulit manggis tersebut kemudian campurkan dengan air panas kemudian tambahkan gula atau madu agar rasanya tidak terlalu pahit.