search-button

Jun 6, 2017

3 Makanan Sehat Untuk Bayi 6 Bulan

   
Advertisements
Advertisements
Makanan Sehat Untuk Bayi 6 Bulan
Apotik Sehat  – 3 Makanan Sehat Untuk Bayi 6 Bulan. Kehadiran bayi dalam kehidupan Anda tentu saja menjadi kebahagiaan terbesar yang membuat hidup menjadi lebih berwarna. Apalagi jika itu adalah anak pertama yang telah sejak lama di nantikan kehadirannya. Anda pasti akan selalu berusaha untuk memberikan hal yang terbaik dalam hal apapun. Tidak terkecuali dalam hal memilih makanan yang tepat untuk kesehatan dan tumbuh kembang sang bayi.

Memilih makanan bayi tidak bisa di lakukan secara sembarangan. Anda harus paham bahwa ada batasan-batasan usia tertentu yang harus di patuhi dalam hal memilihkan makanan yang sehat dan tepat. Memilih makanan bayi yang berusia 3 bulan tentu saja berbeda dengan memilih makanan untuk bayi yang berusia 6 bulan dan seterusnya.

Makanan Sehat Untuk Bayi 6 Bulan

Khusus untuk memilih makanan sehat bayi berusia 6 bulan mungkin adalah masa yang paling sulit. Karena pada usia 6 bulan organ pencernaan pada bayi mulai berkembang, begitu pula dengan indera perasanya yang mulai bisa membedakan rasa makanan. Anda mungkin saja akan mendapati bayi Anda mulai menyukai makanan tertentu dan tidak menyukai yang lain. Inilah masa di mana Anda harus harus pandai dan kreatif dalam memilih dan meracik makanan untuk bayi Anda.

Anda dituntut harus mampu memilih dan meracik makanan yang bernilai gizi tinggi namun tetap di gemari bayi. Berikut ini kami akan memberikan tips mengenai 3 makanan sehat pada bayi usia 6 bulan dan bagaimana cara membuatnya.

1. Sayuran Dalam Bubur Gandum

Sayur-sayuran mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, mineral dan protein nabati yang sangat baik untuk kesehatan dan pertumbuhan bayi pada usia 6 bulan. Berbagai asam lemak essensial juga bisa di dapat dari sayur yang sangat penting untuk perkembangan otak bayi Anda. Namun permasalahan umum yang sering di hadapi seorang ibu adalah bayi mereka biasanya tidak gemar dengan sayur karena rasanya yang tidak enak.

Oleh karena itu Anda harus lebih kreatif dalam menyajikan menu sayuran ini ke dalam bentuk dan rasa yang lebih enak. Untuk membuat resep makanan bayi 6 bulan yang bergiz dari sayuran ini, Anda bisa merebusnya hingga lunak. Setelah itu haluskan hingga berbentuk seperti kim (bubur). Siapkan bubur gandum khusus untuk makanan bayi yang biasanya telah memiliki aroma dan rasa. Campurkan sayuran tadi ke dalam bubur dan berikanlah kepada bayi Anda. Makanan seperti ini jauh lebih di gemari oleh bayi di bandingkan jika Anda hanya memberikan sayur-sayuran saja tanpa di kreasikan dengan bahan lain.
Harus Baca:

2. Buah-buahan Yang Di Kukus

Berbeda dengan orang dewasa yang gemar mengonsumsi buah secara langsung atau di buat menjadi jus. Pada usia 6 bulan organ pencernaan bayi cenderung belum bisa berfungsi dengan sempurna sehingga akan kesulitan untuk mencerna selulosa dan serat yang banyak terkandung dalam buah-buahan. Untuk itu Anda perlu mengukus buah-buahan agar struktur nutrisi yang terkandung di dalamnya jauh lebih mudah di cerna dan di serap oleh bayi.

Selain itu buah-buahan yang di kukus cenderung lebih di sukai bayi karena teksturnya yang telah berubah menjadi lebih lunak tanpa harus merubah rasanya. Cara menyajikannya dapat di lakukan dengan membuat buah-buahan menjadi kim. Anda bisa menggunakan blender atau garpu untuk menghaluskan buah-buahan yang telah di kukus ini.

3. Daging

Makanan terakhir yang di gemari bayi usia 6 bulan adalah daging. Makanan yang satu ini sangat di perlukan oleh bayi sebagai sumber protein untuk menunjang pertumbuhan tubuhnya. Usahakan untuk memilih daging murni yang tidak mengandung terlalu banyak lemak. Dalam menyajikannya agar di gemari oleh bayi Anda bisa mengkreasikannya bersama bubur gandum atau sup.