search-button

Jun 2, 2017

5 Manfaat Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

   
Advertisements
Advertisements
Manfaat Air Kelapa Bagi Ibu Hamil
Apotik SehatManfaat Air Kelapa bagi Ibu Hamil. Ada banyak manfaat yang terkait dengan minuman air kelapa. Pastinya air kelapa yang dikonsumsi adalah air kelapa yang masih muda dan memiliki daging buah yang masih tipis, karena belum tertalu mengeras atau menebal. Seperti yang kita tahu bahwa air kelapa memang sangat menyegarkan dan baik untuk tubuh sebagai pengganti cairan di dalam tubuh yang telah hilang.

Sebenarnya, air kelapa bisa dijadikan minuman alternatif bagi air mineral biasa untuk melepas dahaga. Tak hanya itu, mengkonsumsi cukup air kelapa mampu membantu seseorang dalam menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi berlebih dan keadaan badan tetap segar. Lalu apa bolehkah ibu hamil minum air kelapa muda? Air kelapa juga baik dikonsumsi bagi ibu hamil karena mempunyai berbagai manfaat untuk tubuh ibu hamil maupun janin yang dikandungnya, seperti berikut ini.

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

1.Sebagai Anti Penyakit

Air kelapa muda banyak mengandung senyawa asam laurat, ini merupakan jenis asam yang mampu membantu melawan berbagai penyakit. Pasalnya asam laurat sendiri banyak terdapat pada air kelapa yang sama artinya dijumpai di dalam ASI, seperti memiliki kesamaan karakteristik sebagai antijamur, antivirus, dan antibakteri. Dengan mengkonsumsi air kelapa maka kesehatan ibu dan bayi terlindungi dari virus penyebab herpes, HIV, dan protozoa giardia lambia.

2. Kandungan Elektrolit Alami

Manfaat air kelapa muda bagi ibu hamil nomor dua adalah kandungan elektrolit yang alami. Mengkonsumsi air kelapa muda memang bagus untuk ibu hamil, karena banyak mengandung cairan yang kaya akan kandungan kalsium, kalium, elektrolit, klorida, sodium, riboflavin, dan magnesium. Air kelapa sendiri merupakan isotonik alami yang memiliki mineral dan elektrolit cair melimpah dan sama takarannya dengan kandungan cairan di dalam tubuh. Sehingga air kelapa berguna untuk menghindari dehidrasi secara berlebih.

3. Memiliki Diuretik Alami

Air kelapa muda terbukti dapat memperlancar pembuangan urin sekaligus membantu membersihkan saluran kemih. Karena air kelapa banyak mempunyai diuretik alami yang dipercaya mampu mengeluarkan zat beracun penghasil tubuh. Tak hanya itu, konsumsi air kelapa secara rutin ibu hamil dapat tercegah dari infeksi saluran kemih yang memang seringkali terjadi pada seseorang yang sedang mengandung.
Harus Baca:

4. Meningkatkan HDL

Khasiat air kelapa muda yang terbukti mampu meningkatkan HDL atau kolesterol baik di dalam tubuh wanita hamil. Hal ini dikarenakan dapat menekan tingginya angka kolesterol jahat pada tubuh sekaligus bisa membantu mencegah terjadinya penyakit kronis lainnya. Pasalnya gangguan di masa proses kehamilan akan terjadi pada ibu hamil yang mempunyai kecenderungan kadar LDL yang sangat tinggi.

5. Membantu Pencernaan Selama Kehamilan

Manfaat air kelapa bagi ibu hamil adalah untuk membantu proses pencernaan. Bagi seorang wanita hamil, air kelapa dapat meningkatkan fungsi pencernaan selama proses kehamilan. Pasalnya selama kehamilan, plasenta akan menghasilkan jenis hormon yang dinamakan progesteron, dimana mampu memperlambat lambung sehingga sistem pencernaan kontraksi otot akan melambat. Hanya dengan konsumsi air kelapa yang masih muda, memungkinkan bisa meningkatkan kecepatan pada proses pencernaa di tubuh.

Membaca ulasan di atasa, maka sudah sepantasnya anda mengkonsumsi air kelapa ijo yang dipercaya baik untuk kalangan ibu hamil dan menyusui. Disinilah peran air kelapa muda akan terasa terutama pada metabolisme tubuh. Itulah manfaat air kelapa bagi ibu hamil, semoga bermanfaat.