search-button

4 Makanan Tinggi Kalori yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

   
Advertisements
Advertisements
Makanan Tinggi Kalori
Apotik Sehat – Makanan Tinggi Kalori yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan. Hampir semua pelaku diet tahu dan berusaha untuk berfokus pada perhitungan jumlah kalori yang masuk dan keluar, karena dipercaya menjadi akar dalam menurunkan berat badan. Tetapi sebenarnya terdapat aturan lain dimana anda tidak seharusnya memotong terlalu banyak kalori karena justru bisa merusak kesehatan anda. Faktanya, para ahli kesehatan mengatakan bahwa terdapat beberapa macam makanan tinggi kalori yang sebenarnya dapat membantu menurunkan berat badan anda.

Tetapi, para ahli kesehatan juga menyarankan anda untuk memilih makanan tinggi kalori dengan kandungan nutrisi yang banyak – termasuk mengandung serat, lemak sehat, dan protein dimana semua nutrisi tersebut sangat berperan penting dalam upaya menurunkan berat badan anda.

Makanan yang Mengandung Kalori Tinggi

1. Alpukat

Inilah alasan banyak para pelaku diet selalu lebih senang mengkonsumsi buah alpukat, terutama di pagi hari. Menurut Samantha Cassetty, RD, seorang konselor nutrisi dan konsultan komunikasi mengatakan bahwa sepertiga dari alpukat mengandung 80 kalori serta diperkaya dengan hampir 20 jenis vitamin dan mineral dan 3 gram serat.
Buah yang tinggi akan serat ini juga dipenuhi dengan kalium dan kaya akan lemak tak jenuh tunggal. Bersama dengan serat, lemak jenis ini mampu membantu anda merasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi perasaan lapar sepanjang hari.

2. Kuning Telur

Memakan putih telurnya saja dan membuang bagian kuningnya mungkin terlihat seperti cara praktis dalam menghemat asupan kalori anda. Hal tersebut memang bisa mengurangi berat badan anda, tetapi tidak dalam jangka waktu yang panjang.
Menurut Laura Shoenfeld, RD, mengatakan bahwa kuning telur dipenuhi dengan nutrisi penting seperti vitamin A, berbagai macam vitamin B, vitamin K2, dan kolin. Nutrisi-nutrisi tersebut mampu membantu fungsi metabolisme anda dan kesehatan tiroid, dimana keduanya sangat penting dalam menurunkan berat badan. Selain itu, kuning telur juga merupakan lemak padat nutrisi yang bisa anda dapatkan secara lebih aman.

3. Produk Susu Tinggi Lemak

Jika dulu anda disarankan untuk lebih memilih produk susu rendah lemak agar bisa membantu anda dalam menurunkan berat badan, tetapi penelitian terbaru malah menunjukkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi produk susu tinggi lemak mampu mengurangi tingkat obesitas dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi produk susu rendah lemak.
Meskipun fakta ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, tetapi penelitian tersebut juga memperlihatkan bahwa produk susu tinggi lemak mengandung asam lemak yang disebut dengan CLA atau Conjugated Lineoleic Acid – Asam Lemak Terkonjugasi, yang dipercaya mampu meningkatkan upaya penurunan berat badan anda.
Selain itu, lemak ekstra di dalam produk susu tinggi lemak seperti Yogurt Yunani bisa memberikan anda kepuasan sehingga mencegah anda masuk ke dalam kondisi food craving atau ngidam makanan dan mengurangi keinginan anda mengemil secara terus menerus.
Harus Baca:

4. Kacang

Jika anda ingin menurunkan berat badan, maka mengkonsumsi segenggam kacang-kacangan merupakan salah satu cara terbaik yang bisa anda lakukan. Hal ini karena makanan ini mengandung banyak sekali protein, serat, lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal yang mampu membuat anda merasa kenyang lebih lama.
Jika anda mampu mengatur asupan makanan tersebut, maka bisa membantu anda dalam menurunkan berat badan. Misalnya kacang almond dan pistachio yang bisa memberikan lebih banyak kalori untuk anda. Sekitar 23 buah almond atau 48 buah pistachio saja sudah menyediakan sekitar 160 kalori untuk anda.

5. Minyak Zaitun

Diet Mediterania merupakan jenis diet yang menganjurkan anda untuk menyeimbangkan makanan yang anda konsumsi dengan cara yang sehat. Sehingga tidak aneh jika para ahli kesehatan selalu menyarankan anda untuk lebih memilih menjalani diet mediterania ketika anda ingin menurunkan berat badan.
Salah satu makanan yang bisa anda pilih adalah minyak zaitun dimana dikemas dengan asam lemak omega-3 dan asam lemak omega-6 yang mampu menenangkan peradangan di dalam tubuh anda. Hal ini sangat penting karena peradangan juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan anda. Dikatakan juga bahwa minyak zaitun mengandung 120 kalori per satu sendok makan, sehingga menjadikannya salah satu makanan terbaik dalam menunjang upaya penurunan berat badan anda.