search-button

5 Hal yang Wajib Dihindari Saat Hamil

   
Advertisements
Advertisements
Hal yang Wajib Dihindari Saat Hamil
Apotik Sehat – Hal-hal Yang Wajib Dihindari Saat Hamil. Secara umum wanita hamil memang banyak memiliki larangan yang harus dipatuhi selama proses kehamilan berlangsung. Hanya saya semua larangan ini mempunyai sebab dan akibat yang bertujuan untuk mempertahankan janin dalam kandungan. Selain itu, juga untuk menjaga kesehatan janin dan menunjang keselamatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Setidaknya anda menerapkan larangan demi menunggu kelahiran bayi yang sehat, sehingga menyenangkan saat si buah hati dilahirkan. Karena itulah, banyak orang yang melakukan berbagai cara agar mendapatkan kehamilan tetap lancar. Jadi, ada asalan tertentu untuk menjaga janin di dalam rahim dengan keadaan sempurna. Ada baiknya hal-hal yang wajib berikut ini dihindari saat hamil.

Larangan Ibu Hamil Ketika Hamil

1.Memakai Busana Ketat dan Tidak Nyaman

Ibu hamil memang ingin selalu tampil modis dengan mengikuti berbagai fashion. Sebaiknya bagi seorang ibu hamil tidak mengenakan pakaian yang terlalu ketat dan tidak nyaman terutama di bagian perut. Kebiasaan ini akan membuat janin merasa tertekan, terlebih lagi bahan pakaian tersebut tidak lentur atau mengikuti bentuk tubuh. Janin akan kesulitan mendapatkan asupan oksigen secara sempurna dan kesulitan bergerak.

2. Memelihara Binatang Peliharaan

Memiliki binatang peliharan terbilang sangat menghibur, namun sebaiknya anda tidak melakukan hal ini selama kehamilan. Pasalnya kotoran yang berasal dari kucing, anjing atau binatang lain dapat menyebabkan virus toksoplasma. Dimana virus ini akan masuk ke dalam janin dan mengganggu pertumbuhan janin. Bahkan risiko yang paling besar dari infeksi virus tersebut adalah terjadinya keguguran masa kehamilan atau cacat pada janin kandungan.

3. Tetap Diet Selama Kehamilan

Tidak sedikit wanita hamil yang terus menerus melakukan diet sepanjang kehamilan. Hal ini karena diet pada wanita hamil mempunyai risiko yang sangat besar untuk janin. Dimana janin dapat mengalami kekurangan asupan gizi ibu hamil yang penting selama pertumbuhan. Selain itu, diet mampu menyebabkan cacat bayi karena kurangnya zat tertentu selama masa kehamilan. Namun anda bisa melakukan konsultasi lebih dahulu dengan dokter jika ingin melakukan program diet.

4. Konsumsi Makanan dengan Bahan Pengawet

Jenis makanan yang mengandung pengawet sangat mudah ditemukan di pasaran tertentu. Maka dari itu, hindari makanan maupun minuman yang sebaiknya dihindari bagi ibu hamil. Pasalnya berbagai macam zat bisa masuk ke janin dan memicu gangguan kesehatan pada janin atau kelainan pada janin. Karena janin akan menerima nutrisi dari plasenta yang berhubungan secara langsung dengan darah ibu hamil.
Harus Baca:

5. Menonsumsi Obat Bebas

Beberapa ibu hamil belum memahami kebiasaan konsumsi obat bebas tanpa petunjuk dokter. Padahal pemakaian jenis obat berlebihan akan mengganggu kesehatan pada janin di dalam kandungan. Jadi, harus berkonsultasi dengan dokter kandungan jika mengalami masalah pada proses kehamilan berlangsung. Pasalnya pemakaian obat bebas mampu memberikan efek samping seperti pusing dan mual.

Itulah hal-hal yang dilarang bagi ibu hamil. Anda juga harus melakukan beberapa aktivitas yang menyenangkan selama kehamilan agar janin tidak terganggung, apapun perlu dilaksanakan supaya tidak mengalami stres berkepanjangan.