search-button

5 Manfaat Jambu Biji Bagi Ibu Hamil

   
Advertisements
Advertisements
Manfaat Jambu Biji Bagi Ibu Hamil
Apotek Sehat – Manfaat Jambu Biji Bagi Ibu Hamil. Buah jambu biji biasanya dikonsumsi sebagai buah pencuci mulut setelah makan besar. Namun kendati buah ini lebih baik dimakan dalam keadaan alami tanpa pengolahan apapun, seperti dalam bentuk salad buah, selai, atau jus buah. Pasalnya hal ini bertujuan agar tidak menghilangkan kandunga nutrisi secara signifikan. Buah jambu biji termasuk pilihan tepat bagi ibu hamil pada setiap 100 gram jambu biji.

Menurut penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi buah jambu biji secara rutin terutama pada saat hamil selama 4 minggu sebanyak 500 gram perharinya, dipercaya mampu membantu dalam mencegah risiko terkena serangan jantung. Tak hanya itu, manfaat buah jambu biji bagi wanita hamil juga sangat banyak. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut ini.

Ini Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Ibu Hamil

1.Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Buah jambu biji banyak mempunyai kandungan kalium yang bisa bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Apabila tekanan darah tinggi dibiarkan berlarut-larut lama, memungkinkan pemicu pada terjadinya pembuluh darah pecah dan mengalami kelumpuhan atau stroke. Sementara itu, bagi ibu hamil akan menyebabkan kesehatan ibu dan janin terganggu. Bahkan mampu berakbat pada bayi lahir cacat hingga kematian.

2. Sebagai Antioksidan Tubuh

Pada buah jambu biji banyak mengandung likopen yang merupakan kandungan karetenoid berupa pigmen penting di dalam tumbuhan dalam darah. Adapun fungsi dari kandungan tersebut adalah sebagai antioksidan yang sangat kuat. Selain itu, kandungan likopen di dalam jambu biji berkhasiat mencegah pertumbuhan sel kanker, sehingga baik dikonsumsi bagi wanita hamil.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Buah jambu biji juga kaya akan kandungan pectin yang berguna baik untuk menurunkan kolesterol yang meningkat. Hal semacam inilah yang seringkali dialami oleh setiap ibu hamil.  Hanya dengan mengkonsumsi buah jambu biji maka akan membantu mengikat kolesterol maupun asam empedu di dalam tubuh sekaligus mengeluarkannya. Anda pun bisa konsumsi buah jambu biji setiap hari dimakan secara langsung.
Baca juga:

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jambu biji memang memiliki kandungan asam askorbat atau vitamin C yang melimpah. Kandungan tersebut mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil. Tak hanya itu, berkat vitamin C ini ibu hamil akan terhindar dari berbagai masalah kesehatan lainnya, mulai dari sakit gigi, bisul, gusi berdarah, hingga kerusakan pembuluh darah. Pasalnya satu buah jambu biji mengandung 16 miligram vitamin C yang dibutuhkan tubuh.

5. Menjaga Berat Badan Ideal

Satu lagi manfaat buah jambu biji bagi ibu hamil yakni menjaga berat badan agar tetap ideal. Kegunaan dari konsumsi buah jambu biji secara rutin mampu mencegah ibu hamil mengalami kegemukan, sehingga tidak terjadi gangguan pada saat perkembangan janin berlangsung dan proses persalinan akan berjalan lancar.

Selain memiliki manfaat yang baik bagi ibu hamil, buah jambu biji juga mempunyai beberapa efek bahaya jika konsumsi jambu biji dalam porsi berlebih. Meningkatkan potensi diare karena jambu biji mengandung serat yang tinggi yang buruk untuk ibu hamil.