search-button

Jul 21, 2017

5 Tips Cara Menjaga Tubuh Dari Dehidrasi Dimasa Kehamilan

   
Advertisements
Advertisements
Dehidrasi Dimasa Kehamilan
Apotik Sehat - Pentingnya Menjaga Tubuh Dari Dehidrasi Dimasa Kehamilan - Dehidrasi merupakan akibat dari tubuh yang kehilangan cairan lebih cepat daripada masuknya cairan. Sangat penting bagi ibu hamil untuk menjaga tubuhnya dari dehidrasi. Pada masa kehamilan ini, kebutuhan tubuh kita terhadap air meningkat melebihi orang biasa. Dikarenakan air memiliki peran penting dalam menjaga ibu hamil dan janin tetap sehat, yang merupakan bahan pembentuk plasenta dan kantung ketuban.

Bahkan, kebutuhan tubuh ibu hamil terhadap air semakin meningkat semenjak pembuahan. Setelah pembuahan terjadi, air sangat diperlukan bagi tubuh untuk pembelahan sel zygot yang akan berkembang menjadi janin. Pada saat sedang hamil, volume darah juga meningkat untuk memenuhi kebutuhan janin. Karena air merupakan salah satu komponen plasma darah, kebutuhan ibu hamil akan air juga meningkat.

Menjaga Tubuh Dari Dehidrasi Dimasa Kehamilan

1. Mencukupi Kebutuhan Air
Menjaga tubuh dari dehidrasi pasda masa kehamilan sangatlah penting karena ini akan berakibat berbahaya pada janin pada masa kehamilan trisemester pertama, jika ibu hamil mengalami dehidrasi dapat merusak dinding tabung bayi. Maka dari itu, cukupilah kebutuhan air dalam tubuh, konsumsi air putih, jika bunda merasa haus maka segeralah minum air putih untuk menghindari dehidrasi.
Baca baca: 5 Susu Terbaik Untuk Ibu Hamil 1-3 Bulan

2. Hindari Minuman Berkafein

Masa hamil memang terkadang masa sulit yang harus dilewati oleh para ibu hamil pada trisemester pertama, karena biasanya bunda akan merasakan mual sehingga untuk makan dan minum tidak sperti biasanya. Biasanya bunda akan mengambil alternative dengan meminum air the, kopi atau yang lain untuk menghilangkan rasa haus. Sebaiknya hal tersebut tidak bunda lakukan karena ini akan menganggu penyerapan nutrisi.

3. Buah yang Mengandung Banyak Air

Terkadang ibu hamil merasa mual dengan mengkonsumsi air putih. Maka bunda dianjurkan dengan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air, seperti buah pir, semangka, mentimun, dan lainnya. Mengkonsumsi buah yang mengandung banyak air dapat membantu bunda terhindar dari dehidrasi.
Harus baca: 5 Manfaat Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

4. Pahami Tubuh Anda

Jika dimasa kehamilan anda merasa ingin makan lagi padahal anda baru saja makan belum terlalu lama, maka bisa jadi anda tengah haus. Yang artinya anda sedang mengalami dehidrasi. Sungguh tidak baik untuk kesehatan anda dan janin jika anda mengalami dehidrasi tersebut. Untuk menghindari dehidrasi anda dianjurkan untuk mengawali dengan minum segelas air sebelum anda benar-benar makan sesuatu.
Harus baca: 5 Obat Batuk Untuk Ibu Hamil Paling Manjur

5. Konsumsi Sup

Dimasa kehamilan anda memang perlu untuk mengkonsumsi cairan yang cukup, sebagai salah satu alternatif sebagai penambah cairan tubuh. Karena Sup umumnya sebagian besar berisikan dengan air, dipadukan dengan sayuran hingga daging membuat sup sebagai menu makanan yang komplit. Selain berbagai kandungan dalam sup yang bagus untuk kebutuhan dimasa kehamilan dan bisa mengurangi resiko terjadinya dehidrasi, sup juga memiliki cita rasa yang lezat.
Berikan asupan air tambahan saat  ibu hamil sedang beraktivitas diluar ruangan, berolahraga dan bepergian. Bagi ibu hamil yang sibuk dengan aktivitas dikantor, bunda dapat membawa botol minum. Perhatikan ukuran botol minum bunda, botol minum bunda dapat menjadi alat ukur untuk mengetahui asupan cairan didalam tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat.