search-button

4 Makanan Nabati yang Mengandung Asam Lemak Omega-3

   
Advertisements
Advertisements
Makanan Nabati yang Mengandung Asam Lemak Omega 3
Apotik Sehat – Asam lemak omega 3 adalah lemak yang sangat penting dalam menyediakan berbagai macam manfaat kesehatan. Beberapa penelitian bahkan telah menunjukkan bahwa jenis lemak sehat ini mampu mengurangi peradangan, menurunkan trigliserida darah, dan bahkan mengurangi resiko anda terkena demensia.

Beberapa sumber makanan asam lemak omega-3 bisa anda temukan dalam minyak ikan dan ikan berlemak seperti salmon dan tuna. Maka dari itulah banyak orang yang tidak doyan mengkonsumsi ikan atau seorang vegetarian akan mengalami kekurangan asupan lemak tersebut. Tetapi anda masih bisa mengakalinya dengan mengkonsumsi asam lemak omega-3 yang berasal dari makanan nabati.

Makanan Nabati yang Mengandung Asam Omega 3

Manfaat omega 3 bagi tubuh manusia tentu sangat bergam. Adapun jenis omega-3 dari tumbuhan adalah jenis alpha-linolenic acid (ALA) yang nantinya bisa dikonversi ke dalam EPA dan DHA. Dengan begitu, anda tidak perlu lagi khawatir ketika menjadi seorang vegetarian karena pada dasarnya masih bisa mendapatkan asupan asam lemak omega-3 yang cukup dengan mengkonsumsi beberapa makanan berbasis nabati yang telah kami rangkum di bawah ini.

1. Biji Chia

Selain menjadi sumber kesehatan yang mampu menawarkan dosis serat dan protein yang banyak, biji chia juga mengandung asam lemak omega-3 ALA yang sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh anda. Berkat penggabungan antara omega-3, serat, dan protein di dalamnya, maka biji chia telah terbukti mampu mengurangi resiko anda terkena penyakit kronis ketika anda memakannya.

2. Kubis

Kubis mengandung banyak sekali nutrisi dimulai dari vitamin K, vitamin C, serat, hingga asam lemak omega-3 yang tengah anda cari-cari saat ini. Faktanya, sebuah penelitian telah membuktikan bahwa dengan meningkatkan asupan sayuran cruciferous seperti kubis mampu mengurangi resiko anda terkena penyakit jantung sebanyak 16%.

3. Kacang Kenari

Kacang kenari dikemas dengan lemak sehat dan asam lemak omega-3 ALA. Bahkan kacang kenari sendiri terdiri dari 65% lemak di dalamnya. Beberapa penelitian yang dilakukan terhadap binatang juga telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan otak karena kandungan asam lemak omega-3 yang dimilikinya. Sementara penelitian yang dilakukan di tahun 2011 menunjukkan bahwa dengan meningkatkan asupan kacang kenari telah dikaitkan dengan meningkatnya daya belajar dan ingatan.
Harus Baca:

4. Biji Rami

Mungkin biji rami merupakan jenis biji yang paling sehat yang bisa anda temukan sejauh ini. Biji ini menyediakan sejumlah besar serat, protein, magnesium, mangan, serta asam lemak omega-3. Tetapi manfaat kesehatannya sebagian besar berkat kandungan asam lemak omega-3 yang dimilikinya.
Biji rami telah terbukti mampu membantu mengurangi tekanan darah secara signifikan, terutama bagi anda yang tengah menderita kondisi tekanan darah tinggi. Satu ons (sekitar 28 gram) dari biji rami saja sudah menyediakan asam lemak omega-3 ALA sebanyak 6.388 mg, melebihi jumlah kebutuhan harian anda.

Selain itu, biji rami juga sangat mudah untuk dikonsumsi. Cukup ditaburkan ke dalam makanan saja seperti sereal, bubur ayam, atau sup, maka sudah bisa membuat makanan anda tersebut menjadi salah satu makanan tersehat yang bisa anda konsumsi hari ini.