search-button

Jul 28, 2017

5 Manfaat Mengkonsumsi Makanan Mengandung Fitoestrogen Untuk Kesehatan

   
Advertisements
Advertisements
Makanan Mengandung Fitoestrogen
Apotik Sehat5 Manfaat Mengkonsumsi Makanan Mengandung Fitoestrogen Untuk Kesehatan. Fitoestrogen merupakan kelompok senyawa alami yang bisa anda temukan di dalam berbagai macam tumbuhan dan makanan termasuk tahu, kacang kedelai, dan biji rami. Estrogen sendiri merupakan hormon penting untuk wanita dalam perkembangan dan kesuburan. Meskipun kaum pria memiliki hormon tersebut, tetapi tidak sebanyak yang dimiliki oleh kaum wanita.

Karena pada dasarnya fitoestrogen secara struktural sangat mirip dengan estrogen, maka keduanya dapat berinteraksi dengan reseptor di dalam tubuh anda. Bahkan beberapa fitoestrogen mampu meniru efek estrogen yang bisa memberikan berbagai macam manfaat kesehatan untuk anda, terutama bagi anda yang sudah masuk ke dalam tahap menopause.

Manfaat Fitoestrogen Untuk Kesehatan

Dimulai dari mengurangi penuaan kulit hingga resiko penyakit jantung, berikut ini sudah kami paparkan beberapa manfaat makanan yang mengandung fitoestrogen untuk kesehatan anda.

1. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia. Orang-orang yang memiliki kadar kolesterol darah yang tinggi, trigliserida, serta kolesterol jahat LDL lebih rentan terkena resiko penyakit jantung dibandingkan dengan orang yang normal. Tetapi beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan fitoestrogen mampu mengurangi faktor resiko penyakit jantung tersebut.

2. Mendukung Kesehatan Tulang

Membangun tulang yang sehat sangatlah penting, terutama dengan seiring bertambahnya usia anda. Maka dari itu, cobalah anda untuk mengkonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung fitoestrogen karena mampu mencegah osteoporosis, yaitu sebuah kondisi yang ditandai dengan tulang keropos.
Fakta ini diperkuat oleh penelitian terhadap binatang dimana fitoestrogen telah terbukti dapat mengurangi pembentukan osteoklas, yaitu sejenis sel yang dapat merusak tulang. Selain itu, penelitian yang dilakukan terhadap manusia juga telah menunjukkan bahwa orang-orang yang lebih banyak mengkonsumsi fitoestrogen memiliki resiko lebih rendah mengalami patah tulang pinggul.

3. Mengurangi Efek Penuaan Kulit Setelah Fase Menopause

Menopause merupakan tahap dimana seorang wanita sudah tidak akan lagi mengalami datang bulan atau menstruasi. Pada akhirnya, kondisi ini dapat mengurangi kadar estrogen di dalam tubuh anda sehingga mengarah ke kulit yang keriput, penipisan dan kekeringan. Tetapi dengan mengoleskan fitoestrogen ke atas kulit anda, para ahli telah membuktikan bahwa hal tersebut dapat mengurangi efek penuaan kulit setelah anda berada di fase menopause.
Baca juga:
4 Makanan Tinggi Kalori yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan
6 Manfaat Polifenol Untuk Kesehatan
5 Tips Cara Menjaga Tubuh Dari Dehidrasi Dimasa Kehamilan

4. Mengurangi Radang Kronis

Peradangan merupakan sebuah proses dimana membantu tubuh anda melawan infeksi dan menyembuhkan luka. Tetapi dalam beberapa situasi tertentu, peradangan tersebut bisa menjadi tidak terkontrol dalam jangka waktu yang sangat lama. Kondisi ini disebut dengan peradangan kronis dan telah dikaitkan dengan berbagai macam penyakit berbahaya.
Untungnya, jenis fitoestrogen tertentu seperti isoflavon memiliki efek anti-radang untuk tubuh anda.  Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap hewan telah menunjukkan bahwa isoflavon tersebut mampu menurunkan beberapa penanda peradangan, termasuk IL-6, IL-1β, oksida nitrat, dan prostaglandin E2. Sementara sebuah penelitian terhadap manusia menemukan bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan isoflavon mampu menurunkan penanda peradangan seperti IL-8 dan protein C-reaktif.

5. Dapat Mengurangi Resiko Kanker Tertentu

Kanker merupakan sebuah penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Sehingga para ahli menyarankan anda untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan fitoestrogen karena mampu menurunkan resiko anda terkena kanker tertentu, termasuk kanker prostat, kanker usus besar, kanker endometrium, dan kanker ovarium.
Itulah beberapa manfaat mengkonsumsi makanan mengandung fitoestrogen untuk kesehatan.