search-button

Jul 23, 2017

6 Manfaat Polifenol Untuk Kesehatan

   
Advertisements
Advertisements
Manfaat Polifenol
Apotik Sehat - 6 Manfaat Polifenol Untuk Kesehatan Anda. Polifenol merupakan senyawa tanaman yang bisa memberikan warna cerah terhadap berbagai macam buah-buahan dan sayuran. Senyawa ini  dikenal sebagai antioksidan terbaik karena mengandung sifat anti-radang yang ampuh untuk menjaga kesehatan otak, jantung dan usus anda. Setidaknya terdapat lebih dari 8 ribu jenis polifenol yang berbeda yang bisa anda temukan dalam berbagai macam makanan termasuk teh hijau, coklat, kacang-kacangan, tanaman, dan rempah-rempah.

Antioksidan sendiri mampu membantu melawan stres oksidatif yang dapat menyebabkan radikal bebas, yaitu sejenis molekul yang dapat merusak sel-sel anda dan berkontribusi terhadap kanker dan penuaan. Faktanya, orang-orang yang mengkonsumsi lebih banyak antioksidan mampu mengurangi tingkat kematian akibat kanker.

Manfaat Polifenol

Nah, selain mampu melawan radikal bebas dan mencegah berbagai macam penyakit, terdapat pula beberapa macam manfaat polifenol yang bisa anda dapatkan. Dan berikut adalah daftarnya.

1. Mengurangi Kolesterol

Kolesterol tinggi di dalam darah merupakan faktor resiko untuk penyakit jantung, sehingga menjadi penyebab utama kematian terbanyak di dunia. Menarikanya, manfaat polifenol ternyata mampu membantu anda menurunkan kolesterol dan mengurangi resiko anda dari penyakit tersebut. Sebuah penelitian juga telah menemukan bahwa pola makan yang kaya akan polifenol mampu mengurangi trigliserida dan kolesterol jahat “VLDL” secara signifikan terhadap orang-orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas.

2. Mengurangi Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi merupakan faktor resiko lainnya yang dapat menyebabkan anda terkena penyakit jantung. Kondisi ini bisa disebabkan oleh penumpukan plak di dalam pembuluh darah atau arteri anda sehingga akan meningkatkan tekanan dan menyebabkan arteri anda menebal. Dengan begitu berakhir pada meningkatnya resiko anda terkena serangan jantung atau stroke.

Sementara itu, manfaat polifenol mampu membantu menenangkan endotelium anda, yaitu sejenis lapisan di dalam pembuluh darah sehingga dapat mengurangi tekanan darah anda.

3. Mencegah Kanker Tertentu

Polifenol juga mampu mencegah anda dari kanker tertentu dengan mengurangi stres oksidatif, peradangan, dan pertumbuhan sel kanker. Faktanya, kaum wanita yang mendapatkan lebih banyak asupan polifenol mampu mengurangi tingkat resiko terkena kanker payudara, kanker ovarium, dan kanker endometrium.
Harus Baca:

4. Bagus Untuk Kesehatan Usus

Ketika anda mendapatkan asupan polifenol, hanya sekitar 5 hingga 10 persennya saja yang mampu diserap ke dalam tubuh di dalam usus kecil anda. Sementara sisanya akan bergerak ke dalam usus besar dimana triliunan bakteri akan memecahnya ke dalam molekul-molekul yang lebih kecil. Dengan kata lain, manfaat polifenol juga mampu berperan sebagai sumber makanan bagi bakteri baik sehingga mempromosikan kesehatan usus anda secara langsung.

5. Mengurangi Peradangan

Peradangan bisa terjadi ketika sistem kekebalan tubuh anda aktif dan melawan infeksi. Tetapi, jika peradangan tersebut terjadi dalam waktu yang lama, maka bisa berkontribusi terhadap berbagai macam gangguan kesehatan dan penyakit termasuk obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

6. Mengurangi Gula Darah dan Resiko Diabetes

Gula darah yang tinggi dapat meningkatkan resiko anda terkena diabetes. Tetapi untungnya, manfaat polifenol polifenol mampu mengurangi resiko anda terkena diabetes dengan membantu insulin menghilangkan gula di dalam darah anda. Beberapa makanan dan minuman yang mengandung polifenol dan ampuh dalam melawan gejala diabetes diantaranya adalah teh hijau, berry, dan daun zaitun.
Itulah beberapa manfaat polifenol bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.