search-button

4 Bahaya Mengkonsumsi Pemanis Buatan Untuk Tubuh Anda

   
Advertisements
Advertisements
Bahaya Mengkonsumsi Pemanis Buatan
Apotik Sehat – Makanan manis memang bisa menjadi pujaan para penikmat kuliner, terutama kaum wanita. Dimulai dari coklat, kue, hingga es krim, tak sedikit dari kita yang selalu mencari jajanan yang mampu menggoyang lidah Anda setiap kali menggigit makanan manis tersebut. Terdapat pula minuman bersoda seperti soft drink yang sangat segar diminum kala terik panas matahari. Tetapi bagaimana jika makanan-makanan tersebut sudah dicampurkan dengan bahan pemanis buatan? Apakah bisa berbahaya terhadap kesehatan tubuh Anda?

Beberapa penelitian ternyata sudah banyak dilakukan dan menunjukkan hasil yang mengejutkan. Beberapa makanan berpemanis buatan seperti sakarin, aspartame, dan sucralose  ternyata bisa memberikan efek negatif terhadap tubuh Anda. Bahkan efek samping pemanis buatan, sekalipun Anda mengkonsumsi satu botol minuman berpemanis buatan sudah bisa meningkatkan resiko Anda terkena berbagai macam penyakit berbahaya, 4 diantaranya sudah kami rangkumkan di bawah ini.

Bahaya Mengkonsumsi Pemanis Buatan

Meningkatkan Berat Badan

Sebuah dokumentasi dari sebuah penelitian di San Antonio Heart Study menemukan perubahan berat badan yang lebih tinggi baik terhadap pria maupun wanita yang selalu mengkonsumsi minuman berpemanis buatan, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya. Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa minuman berpemanis buatan bisa meningkatkan indeks massa tubuh serta jumlah lemak dalam tubuh anak-anak remaja.

Sindrom Metabolik

Sindrom metabolik merupakan sebuah kumpulan kondisi – seperti meningkatkan tekanan darah, kadar gula darah yang tingi, kelebihan lemak di tubuh sekitar pinggang, dan kadar kolesterol yang abnormal – terjadi secara bersamaan sehingga dapat meningkatkan resiko Anda terkena stroke, penyakit jantung, dan penyakit berbahaya lainnya.

Penelitian baru-baru ini juga telah menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi minuman berpemanis buatan memiliki resiko dua kali lipat terkena kondisi sindrom metabolik, dibandingkan dengan mereka yang tidak meminumnya.
Harus Baca:

Diabetes Tipe-2

Data yang didapat dari Nurses’ Health Study menunjukkan bahwa terdapat peningkatan resiko penyakit diabetes tipe-2 bagi mereka yang mengkonsumsi minuman berpemanis buatan setidaknya satu gelas per hari. Hal ini karena pemanis buatan sudah sangat jelas dapat menyebabkan lonjakan kadar gula dalam darah Anda, serta beresiko terkena kondisi yang disebut dengan resistensi insulin.

Ketika Anda mengalami resistensi insulin, maka insulin yang disekresi oleh pankreas Anda tidak lagi bekerja dengan semestinya. Dengan begitu, akan menyebabkan Anda beresiko terkena diabetes tipe-2, sejenis penyakit mematikan yang sudah menjangkiti ratusan juta orang di dunia.

Hipertensi dan Penyakit Kardiovaskular

Tidak hanya beresiko terkena diabetes, pemanis buatan juga ternyata bisa menyerang jantung Anda. Mengkonsumsi minuman berpemanis buatan setidaknya satu gelas atau lebih sehari ternyata juga bisa beresiko Anda terkena penyakit jantung koroner, yaitu sebuah kondisi dimana pasokan darah yang kaya akan oksigen yang berjalan menuju jantung terhambat oleh plak di arteri koroner.