search-button

Aug 1, 2017

5 Manfaat Kunyit Bagi Otak

   
Advertisements
Advertisements
Manfaat Kunyit Bagi Otak
Apotik Sehat5 Macam Manfaat Kunyit Bagi Otak. Di era modern saat ini, banyak orang Indonesia mulai sadar akan pentingnya menjaga kesehatan otak. Hal ini karena tidak sedikit dari mereka yang terkena berbagai macam masalah gangguan otak, dimulai dari stres, depresi, hingga demensia. Faktanya, daya memori yang kuat dan sehat mampu mengurangi resiko anda terkena penyakit Alzheimer, demensia dan penyakit lainnya yang ditandai dengan kehilangan ingatan.

Tentu saja, penyakit ini bisa sangat mempengaruhi kehidupan pribadi anda, dan jika penyakit sudah memasuki tahap lanjut, anda akan kehilangan ingatan anda yang berharga secara total. Bayangkan ketika anda sudah tidak bisa mengingat nama-nama orang yang anda cintai bersama dengan momen-momen menakjubkan yang telah anda lalui bersama mereka. Lebih parahnya, anda bisa lupa bagaimana cara berjalan dan cara makan.

Manfaat Kunyit Bagi Otak

Pada dasarnya, penyakit ini diawali oleh stres tinggi, pola makan yang buruk, jarang berolahraga, hingga terlalu banyak melakukan multitasking. Maka dari itu, salah satu yang bisa anda lakukan adalah dengan memanfaatkan salah satu rempah-rempah yang ada di negara kita, yaitu kunyit.

Kunyit termasuk ke dalam tanaman akar yang berasal dari Asia selatan. Anda pasti sering menjumpainya di berbagai macam masakan termasuk masakan India, masakan Thailand, hingga masakan Indonesia. Nah, selain memberikan rasa dengan ciri khasnya tersebut, ternyata kunyit juga bisa memberikan manfaat terhadap kesehatan otak anda.

1. Kunyit Melindungi Otak Anda Dari Penuaan

Salah satu manfaat dari kunyit dan kurkumin yang terkandung di dalamnya adalah antioksidan yang sangat ampuh dalam menjaga otak anda dan melindungi sel otak anda dari radikal bebas berbahaya. Sangatlah penting untuk selalu menjaga tubuh dan otak anda dari molekul radikal bebas karena molekul ini telah terbukti menjadi penyebab penuaan, kanker, dan penyakit berbahaya serta mematikan lainnya.

2. Kunyit Meningkatkan Aliran Darah dan Memori

Para peneliti telah menemukan bahwa salah satu kemampuan kunyit yang luar biasa adalah mampu meningkatkan aliran darah di dalah tubuh anda. Ditambah jika anda rajin berolahraga, maka sudah dipastikan anda akan mendapatkan keuntungan ganda. Kunyit juga telah diteliti ternyata mampu meningkatkan kognitif pada orang yang lebih tua.

3. Kunyit Membantu Mengurangi Stres dan Kecemasan

Sebuah penelitian lainnya juga menyimpulkan bahwa kurkumin – sejenis senyawa yang ditemukan dalam kunyit – mampu mengurangi tingkat stres dan depresi. Tetapi tidak hanya itu saja, para pasien yang terlibat dalam penelitian tersebut juga terlihat memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan terhindar dari rasa lelah.
Harus Baca:

4. Kunyit Berpotensi Memecah Plak di Otak

Para penduduk desa di India tercatat memiliki penyakit Alzheimer terendah jika dibandingkan dengan penduduk dunia lainnya. Setelah diteliti, ternyata terdapat keterkaitan antara kesehatan otak mereka dengan kunyit yang selalu mereka konsumsi bersama dengan makanan khas di negara tersebut. Meskipun membutuhkan penelitian lebih lanjut, kurkumin saat ini telah diduga memiliki kemampuan dalam memecah plak yang menyumbat di otak pada pasien yang tengah menderita penyakit Alzheimer.

5. Kunyit Membantu Mencegah Kelelahan

Kelelahan memang tidak tampak berkaitan dengan gangguan otak seperti penyakit Alzheimer atau demensia, tetapi ternyata bisa mempengaruhi otak anda secara langsung. Jika anda mengalami kelelahan kronis, maka anda bisa mulai merasakan kondisi yang disebut dengan “brain fog”, yaitu sejenis gangguan yang meliputi daya ingat yang buruk, sulit berkonsentrasi, sulit menyerap informasi baru, hingga mengingat kata-kata yang ingin anda ucapkan.
Dengan begitu, kelelahan kronis dan gangguan otak memiliki keterkaitan yang sangat erat. Tetapi untungnya, kurkumin telah terbukti dapat mengurangi perasaan lelah hingga mengurangi efek stres oksidatif secara signifikan.