search-button

Anosmia: Gejala, Penyebab dan Obatnya

   
Advertisements
Advertisements
Anosmia Gejala, Penyebab dan Obatnya
Apotik SehatAnosmia: Gejala, Penyebab dan Obatnya. Pernah mengalami gangguan hidung seperti tidak bisa mencium bau atau aroma tertentu? Bila iya maka mungkin Anda sedang mengalami penyakit yang dinamakan Anosmia. Gangguan ini bisa berupa gangguan sementara ataupun permanen.

Agar bisa terhindar dari gangguan ini maka ada baiknya bila menggali lebih dalam mengenai apa itu Anosmia, gejala, penyebab, dan obatnya. Ulasan berikut ini akan membagi informasi mengenai penyakit tersebut secara singkat dan ringkas. Yuk, simak lebih lanjut.

Gejala Anosmia

Timbulnya penyakit Anosmia ini bukan tanpa sebab. Ada gejala - gejala tertentu yang memicu timbulnya gangguan penyakit hilang indera penciuman ini. Gejala Anosmia yang paling umum yang dirasakan sekaligus paling kentara adalah hilangnya kemampuan untuk mencium aroma sesuatu dari hidung secara bertahap. Bila hal ini terjadi maka ada baiknya bila segera memeriksakan ke dokter khusus seperti dokter THT karena bisa jadi timbul penyakit tertentu yang tidak diketahui sebelumnya.

Penyebab Anosmia

Mengetahui informasi tentang penyebab Anosmia secara dini bisa membantu seseorang yang mengalami gangguan ini agar mendapatkan perawatan dengan segera. Biasanya bila seseorang mengalami masalah hidung seperti hidung tersumbat hal ini bisa disebabkan karena alergi terhadap sesuatu, bisa juga karena adanya cuaca dingin. Tapi bila ternyata penyebabnya adalah penyakit sinus atau bahkan polip maka harus ditangani sesegera mungkin.

Kemudian penyebab lain bisa juga dikarenakan adanya cedera hidung yang dialami karena terjatuh. Cedera kepala juga bisa mempengaruhi saraf penciuman manusia. Operasi yang pernah dialami pada area kepala bisa juga menimbulkan gangguan penciuman bila tidak dilakukan dengan baik.
Harus Baca: Selain dari hal tersebut, paparan bahan kimia dengan aroma menyengat seperti pestisida dan pelarut bisa menimbulkan efek samping yang buruk. Penggunaan obat - obatan tertentu bisa juga menyebabkan hilangnya indera penciuman. Penyebab terakhir adalah masalah usia. Setelah mengetahui penyebab - penyebab ini maka bagaimana cara mengobati Anosmia ini?

Cara Mengobati Anosmia

Penyakit hilangnya indera penciuman atau Anosmia ini bisa disembuhkan melalui beberapa langkah. Pertama dan yang paling penting adalah dengan memeriksakan diri ke dokter THT untuk mengetahui masalah apa yang sedang dihadapi. Setelah mengetahui jenis penyakit yang dialami maka jenis pengobatan untuk mengatasi masalah tersebut bisa ditetapkan.
Untuk penyakit yang tidak terlalu berat maka cara penyembuhannya lebih mudah. Bila gangguan yang diderita cukup berat atau bahkan lebih berat maka dibutuhkan penanganan khusus untuk menyembuhkannya.

Cara mengatasi Anosmia yang telah parah bisa dilakukan dengan cara melakukan operasi. Gangguan Anosmia yang parah seperti polip atau sinusitis bisa diatasi melalui operasi pengangkatan tumor atau daging yang ada di didalamnya hidung. Setelah itu, dibutuhkan perawatan lanjutan agar proses penyembuhan bisa berjalan dengan baik, lancar, dan sempurna.