search-button

Aug 11, 2017

Cara Mencegah Penyakit Otosklerosis Agar Telinga Sehat

   
Advertisements
Advertisements
Cara Mencegah Penyakit Otosklerosis
Apotik SehatCara Mencegah Penyakit Otosklerosis Agar Telinga Sehat. Saat ini penderita gangguan telinga meningkat dibandingkan dengan tahun - tahun sebelumnya. Hal yang cukup mengejutkan adalah fakta bahwa rata - rata penderita baru tersebut bukanlah dari golongan orang tua atau berusia lanjut melainkan dari golongan orang anak muda atau usia produktif.

Kira - kira apakah penyebab munculnya penyakit ini? Dan bagaimana cara mencegah penyakit Otosklerosis agar telinga sehat ? Yuk, ikuti ulasan menarik di bawah ini.

Penyebab Penyakit Otosklerosis

Penyakit kurang pendengaran yang dialami oleh manusia bisa terjadi oleh beberapa sebab. Setidaknya ada dua hal umum yang sering kali menjadi penyebab paling besar terjadinya kasus - kasus seperti ini. Pertama adalah faktor instrinsik yakni usia. Kedua adalah faktor ekstrinsik atau faktor dari luar yakni akibat dari mendengarkan suara - suara dengan tingkat kebisingan tinggi dengan frekuensi tinggi. Contoh mudahnya adalah kebiasaan mendengarkan suara dengan menggunakan headset atau headphone dengan tingkat suara sangat tinggi.

Selain itu, bisa juga disebabkan oleh suara dari sound sistem dengan tingkat kebisingan yang amat tinggi dengan intensitas begitu sering. Hal - hal ini yang menjadi penyebab paling besar penyakit kurang pendengaran atau Otosklerosis bisa terjadi pada manusia dengan usia produktif. Meski demikian, penyakit ini masih bisa diobat dengan langkah tertentu seperti mengobati pendengaran yang kurang jelas secara medis. Berikut ini adalah beberapa cara mencegah penyakit Otosklerosis agar telinga sehat.

Cara Mengobati Penyakit Kurang Pendengaran

Ada beberapa metode pengobatan otosklerosis dengan kategori berbeda mulai dari ringan hingga berat untuk dapat mengatasi masalah pendengaran ini. Cara mengobati penyakit tuli secara alami adalah dengan membersihkan telinga secara rutin. Membersihkan hanya dengan menggunakan alat pembersih tidaklah cukup.

Terkadang mengunjungi dokter telinga juga diperlukan. Bila tidak bisa melakukan kunjungan dalam waktu satu bulan maka tiga bulan sekali cukup. Biasanya ini dilakukan untuk kasus yang ringan. Jika kasus yang dialami terbilang parah maka dibutuhkan penanganan khusus.
Harus Baca:
Beberapa pengobatan khusus yang diperuntukkan bagi penderita gangguan telinga adalah implan koklea, operasi, hingga menggunakan alat bantu dengar. Cara - cara tersebut tentu digunakan untuk masalah yang berbeda. Pengobatan dengan implan koklea dilakukan dengan cara menanam alat bantu pendengaran di area bawah kulit belakang telinga manusia.

Langkah operasi hanya dilakukan bila masalah yang dialami benar - benar merupakan kasus yang parah. Masalah telinga seperti terjadinya cedera atau infeksi kambuhan bisa juga disembuhkan dengan menggunakan operasi.

Cara lain yang bisa membantu orang-orang yang memiliki masalah pendengaran adalah dengan menggunakan alat bantu dengar. Alat bantu dengar ini merupakan alat khusus yang dibuat untuk membantu orang - orang yang mengalami gangguan telinga berkelanjutan.

Alat ini telah didesain secara khusus sehingga nyaman dikenakan. Itulah beberapa cara mencegah penyakit Otosklerosis agar telinga sehat yang semoga dapat membantu Anda yang memiliki masalah pendengaran saat ini.