search-button

Otosklerosis: Gejala, Penyebab & Obatnya

   
Advertisements
Advertisements
Otosklerosis
Apotik SehatOtosklerosis: Gejala, Penyebab Dan Obatnya. Mungkin sebagian dari Anda belum mengenal dengan istilah ini, otosklerosis adalah istilah untuk menyebutkan adanya gangguan pada sistem pendengaran manusia. Informasi lengkap mengenai penyakit Otosklerosis ini bisa Anda temukan dalam ulasan berikut.

Segala informasi berhubungan mengenai penyebab mengapa penyakit ini bisa muncul, gejala - gejala yang timbul, serta bagaimana cara mengobatinya dijelaskan secara ringkas demi kemudahan pembaca. Tanpa panjang lebar lagi, Yuk simak ulasan berikut ini.

Gejala Otosklerosis

Otosklerosis adalah istilah untuk menyebut penyakit gangguan pendengaran. Gangguan ini tidak muncul langsung begitu saja tapi diawali beberapa gejala. Mengetahui gejala otosklerosis lebih awal sangat baik karena dapat membantu penanganan sejak dini.

Penanganan awal tentu memberikan kans sembuh yang jauh lebih besar. Oleh karena itu, sangat baik untuk mengetahui beberapa gejala penyakit tersebut. Gejala - gejala yang umum terjadi pada orang yang mengalami gangguan pendengaran adalah kesulitan untuk mendengarkan suara.

Hal ini bisa diperlihatkan dengan cara meminta seseorang untuk mengulangi kembali pertanyaan atau ucapan yang dilontarkan. Gejala lain adalah mengalami kelelahan dan stress ringan akibat harus berkonsentrasi untuk mendengarkan seseorang berbicara.

Gejala otosklerosis lanjutan dari ini adalah bisa saja seorang penderita akan menarik diri dari pembicaraan karena kesulitan yang ia alami. Orang yang mengalami gangguan ini membutuhkan penanganan khusus agar masalah pendengarannya dapat diatasi. Penyakit ini bisa membantu Anda yang mengalami masalah untuk melakukan langkah yang tepat guna mengatasi masalah Anda.

Penyebab Otosklerosis

Segala jenis penyakit bisa muncul karena ada sebabnya termasuk penyakit Otoklerosis. Penyebab otosklerosis terjadinya kurangnya pendengaran umumnya disebabkan oleh bertambahnya usia. Ini adalah sebab paling mendasar yang biasanya dialami oleh orang berusia lanjut. Tetapi pada penderita yang berusia muda, penyebabnya bisa saja karena hal lain.
Harus Baca: Bisa karena keturunan yang ada pada gen dna yang diturunkan oleh orang tua kepada anak yang mengalami gangguan pendengaran. Penyebab Otosklerosis bisa juga disebabkan oleh faktor eskternal seperti kebiasaan buruk mendengarkan suara - suara dalam tingkat yang sangat tinggi dengan intensitas yang tinggi pula. Cara mencegah penyakit Otosklerosis bisa dilakukan dengan mengikuti pengobatan khusus.

Pengobatan Otosklerosis

Penyakit ini bisa disembuhkan dengan beberapa cara seperti melakukan implan, menggunakan alat bantu pendengaran, hingga melakukan pembedahan. Pembedahan atau operasi biasanya dilakukan untuk penyakit yang sudah parah atau berat. Ada dua cara pembedahan yang biasa dilakukan.

Pengobatan Otosklerosis pertama, Stapedektomi atau pengangkatan tulang stapes dan penggantian dengan protese. Kedua, Stapedotomi yakni pengobatan dengan cara melakukan pembuatan lubang pada tulang stapes untuk memasukkan protese. Bila pencegahan masih bisa dilakukan maka langkah untuk pencegahan Otosklerosis adalah sebagai berikut.

Hindari memasukkan benda - benda yang tidak steril ke dalam telinga seperti cotton bud, tisu, kapas, alat pengorek telinga dari besi, dan juga jari. Selanjutnya, hindari mendengarkan suara-suara bising yang terlalu keras termasuk mendengarkan musik dengan volume tinggi. Bila Anda mulai merasakan adanya tanda-tanda yang tidak biasa pada pendengaran Anda maka segera hubungi dokter dan lakukan pemeriksaan.

Segera cek informasi mengenai Gejala dan penyebab Otosklerosis untuk memastikan bahwa Anda ditangani secara tepat.