search-button

Polip Hidung: Gejala, Penyebab dan Obatnya

   
Advertisements
Advertisements
Polip Hidung Gejala, Penyebab dan Obatnya
Apotik Sehat - Polip Hidung: Gejala, Penyebab dan Obatnya. Mengalami masalah seperti hidung tersumbat yang berkepanjangan? Jangan hiraukan dan segera periksa karena bisa jadi Anda sedang mengalami polip. Apa itu polip? Sebagian orang mungkin masih belum mengerti tentang penyakit ini. Karena itu, ulasan berikut ini berisi tentang informasi - informasi penting yang bermanfaat.

Yuk, kenali lebih dalam mengenai gejala, penyebab dan obat Polip hidung melalui ulasan berikut ini.

Gejala Polip Hidung

Sebelum mengenali tentang gejala - gejala yang muncul, ada baiknya bila mengetahui tentang penyakit polip terlebih dahulu. Penyakit ini muncul di dinding pernafasan manusia melalui pertumbuhan jaringan yang ada. Jaringan inilah yang dinamakan polip. Ia memiliki tekstur yang lembut dan tidak menimbulkan rasa sakit.

Ia memiliki bentuk yang unik yakni seperti buah anggur yang menggantung dibatangnya. Polip yang membesar dapat memberikan banyak gangguan pada sistem pernafasan manusia. Oleh karena itu, bila Anda mengalami gejala-gejala berikut ini maka mungkin saja itu merupakan tanda adanya polip di hidung.

Gejala Polip Hidung yang biasanya muncul adalah tersumbatnya hidung dalam kurun waktu yang sering. Hidung yang tersumbat dan tak kunjung sembuh bisa saja merupakan gejala awal tumbuhnya polip di hidung. Gejala lainnya adalah hidung seringkali berair, adanya gangguan pernafasan seperti sulit bernafas, dan susah mencium aroma sesuatu karena indera penciuman terganggu. Gejala ini biasanya timbul karena ada sebab - sebab tertentu. Penyebab polip hidung bisa karena banyak hal. Seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Penyebab Polip Hidung

Penyebab penyakit ini bisa timbul karena adanya alergi terhadap sesuatu yang memicu tumbuhnya inflamasi di dalam hidung. Inflamasi ini menimbulkan cairan yang terus menerus berada di sistem pernafasan sehingga mengganggu proses bernafas.

Kadang kala, ada kasus polip hidung yang terjadi akibat memiliki penyakit seperti asma atau karena memiliki kelainan tertentu. Pada kasus lain, polip timbul karena adanya faktor genetika. Polip hidung ini bisa didiagnosa melalui beberapa cara. Bila diagnosa yang dilakukan mengerucut pada penyakit ini maka pengobatan mulai bisa dilakukan.
Harus Baca:

Pengobatan Polip Hidung

Pengobatan sejak dini memang penting. Tetapi sebelum melakukan pengobatan hal yang perlu dilakukan adalah dengan mendiagnosis penyakit tersebut terlebih dahulu. Caranya adalah dengan memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan mencari tahu apakah terdapat sesuatu yang aneh yang tumbuh di saluran pernafasan dengan cara memeriksa bagian lubang hidung.

Kemudian, pemeriksaan akan dilanjutkan dengan melalui prosedur endoskopi dan CT-scan. Langkah terakhir adalah dengan melakukan biopsi bila memang benar-benar diperlukan. Meski tidak menimbulkan kanker, penyakit ini bisa menimbulkan gangguan yang sangat mengganggu pada saluran pernafasan. Oleh karena itu, pengobatan yang tepat sangat diperlukan.

Obat polip hidung tanpa operasi bisa dilakukan yakni dengan mengkonsumsi obat dalam bentuk tablet yang diresepkan oleh dokter. Selain itu, infus dan semprotan juga diperlukan selama masa perawatan khususnya bila Anda berada di rumah sakit. Pada kasus yang cukup berat, penyakit ini bisa disembuhkan dengan cara melakukan operasi. Operasi merupakan langkah yang cepat dan tepat bagi seseorang yang mengalami masalah polip dengan cukup berat.

Setelah operasi, tetap ada kontrol yang harus dilakukan untuk mengetahui bahwa polip tersebut benar-benar terangkat sempurna dan tidak kembali tumbuh. Demikianlah beberapa informasi mengenai gejala, penyebab dan obat Polip hidung yang semoga dapat membantu.