search-button

Sep 5, 2017

Hepatoma: Gejala, Penyebab Dan Obatnya

   
Advertisements
Advertisements
Hepatoma Gejala, Penyebab Dan Obatnya
Apotik Sehat – Hepatoma: Gejala, Penyebab Dan Obatnya. Hepatoma adalah sejenis kanker hati yang muncul karena adanya pertumbuhan sel kanker di dalam hati. Penyakit ini merupakan jenis penyakit yang berbahaya karena dapat menyebabkan kematian pada manusia.

Mengetahui tentang gejala, penyebab dan obat hepatoma akan sangat membantu, seperti melakukan pencegahan dini dan melakukan perawatan tubuh dan menjaga kebugaran. Meski penyakit ini merupakan penyakit penyebab kematian tertinggi di dunia tapi bukan berarti bahwa penyakit ini tidak bisa disembuhkan. Mau tahu lebih lanjut, yuk ikuti terus ulasan berikut ini.

Gejala Hepatoma

Mengetahui secara dini tentang gejala - gejala Hepatoma bisa mencegah timbulnya penyakit secara lebih serius. Beberapa gejala yang biasanya muncul pada seseorang yang menderita penyakit kanker hati ini bisa muncul mulai dari yang ringan hingga berat. Kemunculan gejala ringan adalah seperti perut terasa kembung, tidak adanya nafsu makan, kelelahan yang berlebihan. Timbulnya perasaan mual, kulit memucat dan demam. Perubahan fisik juga mungkin terjadi seperti mata berubah menjadi kekuningan.

Pada kasus yang berat gejala yang ditimbulkan akan menjadi lebih kentara seperti nyeri di bagian perut kanan atas. Biasanya juga diikuti dengan adanya benjolan yang muncul di area yang sama. Bila hal seperti ini terjadi maka pemeriksaan lebih lanjut harus dilakukan. Pemeriksaan diperlukan untuk mengetahui secara jelas agar bisa dilakukan langkah yang tepat untuk mengatasi Hepatoma.

Penyebab Hepatoma

Untuk mengetahui penyebab terjadinya penyakit ini dibutuhkan pemeriksaan secara menyeluruh. Pemeriksaan yang tepat diperlukan agar pasien bisa mendapatkan penanganan terbaik. Pemeriksaan secara fisik adalah tahap pertama yang harus dijalani. Pada tahap selanjutnya adalah pemeriksaan penunjang. Pada tahap ini ada beberapa tes yang perlu dijalani seperti tes darah, tes pemeriksaan dengan USG, tes CT scan dan MRI yang berguna untuk mengetahui tumor yang ada di hati. Kemudian, pemeriksaan Biopsi.

Penyebab munculnya penyakit ini bisa karena penderita memang telah memiliki riwayat penyakit berat seperti hepatitis B atau hepatitis C. Sirosis hati juga bisa menjadi penyebab penyakit serius seperti hepatoma. Ini tidak muncul begitu saja.
Harus Baca:
Kebiasaan pola makan dan hidup yang tidak sehat sangat mempengaruhi kesehatan seseorang. Konsumsi minuman alkohol atau yang mengandung kafein terlalu tinggi, konsumsi obat - obatan dan makanan yang tidak sehat bisa dengan sangat mudah memicu terjadinya kerusakan pada hati. Jika sudah begini maka pengobatan Hepatoma yang diperlukan adalah sebagai berikut.

Pengobatan Pada Penderita Hepatoma

Ada beberapa tahap pengobatan bila seseorang telah benar - benar positif mengidap penyakit hepatoma. Pengobatan pertama adalah terapi radiasi yang memiliki dua tipe yakni eksternal dan internal. Kemudian, ada pengobatan kemoterapi dengan cara dokter akan mengirimkan obat langsung ke hati. Proses kemo ini akan menimbulkan efek samping kepada pasien.
Proses selanjutnya adalah injeksi etanol perkutaneus yang dilakukan dengan menggunakan alat ultrasonografi. Langkah selanjutnya adalah krioablasi dan ablasi radiofrekuensi, lalu tindakan pembedahan dan tranplantasi hati. Langkah terakhir untuk menyelamatkan pasien adalah dengan melakukan transplantasi hati.
Itulah informasi berkenaan dengan gejala, penyebab dan obat hepatoma yang perlu diketahui.