search-button

3 Cara Membersihkan Luka Impetigo Dengan Benar Pada Anak

   
Advertisements
Advertisements
Cara Membersihkan Luka Impetigo
Apotik Sehat – 3 Cara Membersihkan Luka Impetigo Dengan Benar Pada Anak. Anak-anak memang lebih rentan terhadap beberapa jenis penyakit kulit karena ketahanan kulit mereka belum sempurna dan masih terlalu sensitive dengan rangsangan luar. Salah satu penyakit kulit yang sering menjangkiti anak-anak adalah impetigo. Tahukah anda apa itu impetigo? Impetigo adalah gangguan kulit yang menular dan terjadi pada anak-anak.

Biasanya, kondisi ini terjadi pada wajah, leher dan juga tangan. Anak-anak yang menggunakan popok pun terkadang juga terjangkit masalah ini di sekitar area popok mereka. Karena gangguan ini termasuk salah satu gangguan kulit yang cukup serius, ada baiknya anda memahami cara membersihkan luka impetigo dengan benar.

Membersihkan Luka Impetigo Pada Anak

Namun, sebelum membahas mengenai cara membersihkan luka tersebut, ada baiknya kita memahami penyebab dari impetigo tersebut. Impetigo disebabkan oleh bakteri. Bakteri penyebab masalah kulit ini adalah pyogenes streptococcus dan staphylococcus aureus. Jadi, bisa disimpulkan bahwa penyebab impetigo adalah bakteri sehingga kebersihan menjadi hal yang paling utama untuk dijaga disini. Untuk cara membersihkan luka impetigo, simak beberapa poin di bawah ini.

Rendam Bagian yang Sakit

Untuk cara membersihkan luka impetigo dengan benar yang pertama kali harus dilakukan adalah merendam bagian yang sakit. Cara ini bertujuan untuk menghilangkan luka koreng pada impetigo yang menyerang. Nah, siapkan air hangat pada panci serta kain.

Celupkan kain pada air hangat lantas tekan kain tersebut pada bagian tubuh anak yang terkena impetigo. Setelah itu, usap bagian tubuh yang sakit dengan waslap yang sudah dibasahi dengan air sabun. Usap perlahan lalu bilas.

Oles Salep Anti Biotik

Salep anti biotik menjadi salah satu obat yang paling manjur dan bisa diandalkan untuk membersihkan luka impetigo yang menjalar di beberapa bagian tubuh. Salep khusus impetigo banyak terdapat di apotek dan bisa anda dapatkan dengan cukup mudah.

Namun, perlu diingat, impetigo adalah salah satu gangguan kulit yang menular dan penularannya termasuk yang cukup cepat. Oleh karena itu, saat hendak mengoleskan salep anti biotik, maka sebaiknya anda menggunakan sarung tangan atau membersihkan tangan dengan segera setelah mengoleskan salep.
Harus Baca:

Minum Obat Khusus Impetigo

Dalam pemeriksaan, dokter terkadang akan memberikan resep obat impetigo yang harus dikonsumsi. Ini adalah cara pembersihan impetigo dari dalam yang akan secara efektif menghilangkan luka impetigo secara berkala dan tuntas. Obat impetigo akan bereaksi dan meningkatkan kestabilan tubuh anda sehingga gangguan ini secara perlahan akan menghilang.

Beberapa cara membersihkan luka impetigo dengan benar sebagaimana di atas dapat menjadi pilihan yang tepat. Untuk hasil yang maksimal, usahakan anda melakukan perawatan dengan teratur dan berkala. Selain itu, jangan sesekali menggaruk luka impetigo karena akan menyebabkan iritasi.