search-button

Cara Mengolah Kolang Kaling Untuk Diet Paling Manjur

   
Advertisements
Advertisements
Apotik Sehat – Cara Mengolah Kolang Kaling Untuk Diet. Kolang kaling merupakan salah satu bahan yang biasa digunakan untuk membuat es campur yang menyegarkan. Kolang kaling yang berasal dari biji buah aren ini memiliki kandungan serat yang cukup banyak sehingga sangat baik untuk tubuh.

Karena seratnya ini, kolang kaling juga sering di manfaatkan sebagai salah satu makanan untuk diet. Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas salah satu cara mengolah kolang kaling untuk diet yang bisa anda olah untuk konsumsi harian.
Cara Mengolah Kolang Kaling Untuk Diet

Mengolah Lolang Kaling Untuk Diet

Sebenarnya, mengolah kolang kaling untuk diet bisa dilakukan dengan cara yang cukup simple dan juga sederhana. Untuk resep yang sederhana ini, anda hanya perlu untuk menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan, seperti:
  • 1 kg kolang kaling
  • 50 gr gula merah
  • 1 ruas kayu manis
  • 1 ruas jahe
  • air secukupnya
Nah, setelah bahan sudah siap, maka anda bisa memulai untuk mengolahnya. Cara mengolah kolang kaling ini cukup mudah. Cuci kolang kaling hingga bersih lalu rendam dengan air panas sekitar 15 menit dengan menambahkan sedikit garam untuk menghilangkan lendir dan bau amis. Setelah itu, cuci lagi kolang kaling hingga bersih.

Masukkan kolang kaling ke dalam panci, beserta bahan lain, seperti jahe, kayu manis, gula merah. Tambahkan air secukupnya. Rebus kolang kaling hingga mendidih lalu angkat. Anda sudah bisa mengkonsumsinya sekarang. Ini adalah salah satu cara mengolah kolang kaling untuk diet yang sangat mudah dan menjadi pilihan banyak wanita.

Manfaat lain dari kolang kaling

Perlu diketahui bahwa kolang kaling ternyata tidak hanya bagus untuk diet. Selain menggunakan kolang kaling untuk diet, anda bisa menggunakan kolang kaling untuk keperluan lainnya. Ada beberapa manfaat lain dari kolang kaling yang bisa anda dapatkan saat mengkonsumsinya. Adapun beberapa manfaat tersebut adalah:

Obat Radang Sendi

Kandungan karbohidrat dari kolang kaling mampu meredakan sakit atau memberikan efek analgesic pada sendi anda yang sakit. Ketika anda mengalami masalah sendi karena kecapekan, maka menggunakan kolang kaling dapat menjadi alternative.
Harus Baca:

Mencegah Osteoporosis

Kolang kaling juga memiliki kalsium yang cukup tinggi. Dalam hal ini, kalsium yang terkandung dalam kolang kaling mampu mencegah osteoporosis dengan sangat baik. Dalam penelitian, kandungan kalsium dari kolang kaling setara 100 gr susu sapi.

Melancarkan Pencernaan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kolang kaling memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Serat di dalamnya dapat dimanfaatkan untuk melancarkan pencernaan terutama bagi anda yang menderita sembelit.

Nah, coba aplikasikan cara mengolah kolang kaling untuk diet dan dapatkan manfaat lainnya dari kolang kaling yang baik untuk tubuh ada.