search-button

3 Ciri Ciri Alergi Dingin Pada Kulit Yang Harus Diketahui

   
Advertisements
Advertisements
Ciri Ciri Alergi Dingin Pada Kulit
Apotik Sehat3 Ciri Ciri Alergi Dingin Pada Kulit Yang Harus Diketahui. Alergi dingin adalah salah satu gangguan kulit yang sangat merepotkan. Seperti namanya, alergi ini muncul sebagai respon kulit atas hawa dingin yang menjalar. Hawa yang terlalu dingin membuat kulit bereaksi dengan mengeluarkan ruam yang terasa gatal dan menjalar.

Perlu diketahui bahwa alergi ini dapat menyerang siapapun tanpa batas usia. Nah, untuk dapat mencegah dan mengobati alergi ini, ada baiknya kita memahami beberapa ciri-ciri alergi dingin pada kulit untuk melakukan diagnose.

Ciri Alergi Dingin yang Sering Muncul

Ada beberapa ciri-ciri alergi dingin yang sering muncul dan dapat menjadi alat untuk melakukan diagnose bahwa anda mengalami alergi dingin tersebut. Setelah mengetahui bahwa anda mengidap alergi dingin, tentu ada beberapa tindakan pengobatan dan pencegahan yang bisa dilakukan. Nah, apa saja ciri dari alergi dingin ini?

Gatal-gatal

Ciri paling umum dari alergi, termasuk alergi dingin, adalah gatal-gatal. Gatal-gatal terjadi karena rangsangan suhu dingin di sekitar anda. Suhu dingin yang menjalar akan melepaskan histamine yang disebabkan oleh eosinophil dan antibody.

Rasa gatal ini akan menjalar dan memaksa anda secara reflek menggaruknya. Namun, perlu diketahui, menggaruk kulit yang terkena alergi hanya akan membuat kulit menjadi iritasi dan luka.

Kulit Berwarna Merah

Selain itu, ciri-ciri alergi dingin pada kulit yang sering muncul adalah kulit yang berwarna merah. Alergi dingin biasanya akan timbul dengan bercak kemerahan yang muncul secara tiba-tiba seiring dengan rasa gatal yang menjalar. Rona kemerahan pada kulit ini juga akan muncul disertai bintik-bintik kecil yang sangat banyak di beberapa bagian tubuh, terutama punggung, lengan dan dada.
Harus Baca:

Sindrom Raynauds

Para penderita alergi dingin tidak bisa dilepaskan dari ancaman sindrom raynauds. Apa itu sindrom raynauds? Ini adalah sindrom yang berasal dari udara dingin yang akan menyebabkan sebuah kontraksi pada pembuluh darah.

Sindrom ini seringkali terjadi pada tangan dan kaki yang akan menyebabkan kedua anggota gerak tubuh tersebut menjadi putih dan sakit. Namun, sindrom ini termasuk salah satu ciri-ciri alergi dingin yang cukup jarang terjadi.

Pengobatan Alergi Dingin

Alergi dingin merupakan gangguan kulit yang sangat mengganggu dan bisa tiba-tiba terjadi seiring dengan penurunan suhu yang mendadak. Selain memperhatikan beberapa cirinya, tentu anda harus mengetahui cara pengobatan gangguan kulit ini.

Penggunaan anti biotik berupa salep atau obat merupakan hal yang paling banyak dilakukan. Selain itu, biasanya dokter juga akan memberikan beberapa obat khusus alergi dingin untuk penanganan. Lakukan pula tindakan pencegahan, seperti mengenakan jaket tebal saat dingin agar ciri-ciri alergi dingin pada kulit tidak muncul. Semoga bisa bermanfaat.