search-button

3 Penyebab Alergi Dingin Pada Kulit Yang Bisa Menyerang

   
Advertisements
Advertisements
Penyebab Alergi Dingin Pada Kulit
Apotik Sehat – 3 Penyebab Alergi Dingin Pada Kulit Yang Bisa Menyerang! Mengetahui penyebab alergi dingin pada kulit merupakan hal yang cukup penting untuk anda. Ya, alergi dingin adalah salah satu gangguan kulit yang sering muncul dan bisa menyerang siapa saja tanpa perbedaan usia. Seperti namanya, alergi dingin berhubungan erat dengan hawa dingin yang menjalar.

Rasa dingin yang ada di luar tubuh di respon kulit dengan munculnya ruam yang gatal. Untuk lebih jelasanya, mari kita lihat beberapa penyebab dari alergi dingin di bawah ini agar kita bisa melakukan tindakan pencegahan dan pengobatan dengan tepat.

Faktor Penyebab Alergi Dingin

Ada beberapa sebab terjadinya alergi dingin yang sebaiknya anda tahu. Jika anda mengetahui beberapa penyebab alergi dingin, tentu anda bisa bersiap dan melakukan tindakan pencegahan agar alergi tersebut tidak terjadi. Nah, apa saja penyebabnya?

Musim Hujan

Sudah disinggung di awal bahwa alergi dingin sangat berhubungan dengan hawa dingin. Salah satu penyebab umum dari alergi dingin adalah musim hujan. Ketika musim hujan tiba, udara akan berbuah menjadi dingin dengan seketika.

Perubahan cuaca yang begitu cepat membuat seseorang yang memiliki kulit cenderung sensitive akan terkena alergi dingin karena kulit mereka tidak kuat terhadap hawa dingin yang tiba-tiba menjalar.

Udara Lembab yang Tajam

Faktor kedua yang menyebabkan alergi dingin adalah udara lembab yang tajam. Kelembaban udara yang tinggi juga termasuk salah satu penyebab alergi dingin pada kulit yang sering menyerang. Kondisi ini akan membuat kulit menjadi terpengaruh oleh kelembaban sehingga rasa dingin udara akan terasa dan akan mulai muncul bintik merah pada permukaan kulit.
Harus Baca:

Tubuh yang Tidak Stabil

Kondisi tubuh yang tidak stabil juga memicu terjadinya alergi dingin. Sebenarnya, cuaca dingin yang terjadi di dunia luar tentu tidak akan menyebabkan gangguan pada tubuh jika kondisi tubuh anda berada dalam level yang prima.

Namun, ketika tubuh tidak stabil dan antibody di dalam tubuh cenderung rendah, maka tubuh akan lebih rentan terkena gangguan, termasuk alergi dingin.

Tindakan pencegahan dan pengobatan

Beberapa poin di atas menjelaskan beberapa penyebab alergi dingin yang biasanya akan mengakibatkan munculnya bintik merah pada kulit.

Untuk mencegah munculnya masalah ini, anda bisa melakukan beberapa tindakan pencegahan, seperti mengkonsumsi minuman hangat saat dingin, mengenakan pakaian tebal dan juga mengkonsumsi vitamin untuk memperkuat imun tubuh.

Jika alergi dingin sudah menjalar, maka tentu saja anda harus melakukan tindakan pengobatan. Menggunakan salep anti biotik dan mengoleskannya pada bagian tubuh yang terkena alergi merupakan salah satu cara yang paling tepat. Nah, ketahui penyebab alergi dingin pada kulit dan lakukan tindakan pencegahan sebagaimana diperlukan.