search-button

4 Faktor Penyebab Tekanan Darah Tinggi Pada Usia Muda

   
Advertisements
Advertisements
Faktor Penyebab Tekanan Darah Tinggi Pada Usia Muda
Apotik Sehat – Faktor Penyebab Tekanan Darah Tinggi Pada Usia Muda. Usia muda merupakan sebuah usia keemasan bagi diri seseorang. Pada usia yang tergolong masih ranum ini, biasanya seseorang sedang memiliki semangat yang menggebu-gebu dalam berbagai hal.

Hal ini disebabkan pada usia ini, tenaga seseorang sedang kuat-kuatnya, sehingga para pemuda bisa melakukan berbagai kegiatan yang ia sukai. Akan tetapi tidak jarang pada usia yang masih belia ini seorang pemuda sering terserang penyakit darah tinggi. Penyebab darah tinggi pada usia muda ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor.

Faktor Timbulnya Darah Tinggi Di Usia Muda

Penyakit darah tinggi atau dikenal dengan nama hipertensi merupakan sebuah keadaan dimana tekanan darah pada bagian dinding pembuluh arteri meningkat. Jenis penyakit yang satu ini tergolong mematikan.

Penyakit yang satu ini bisa menyebabkan kelumpuhan pada tubuh penderitanya. Gejala penyakit darah tinggi ini pada umumnya sulit untuk diketahui. Dengan sulit terdeteksinya jenis penyakit tekanan darah ini,maka banyak orang yang menyebut darah tinggi sebagai pembunuh yang diam-diam.

Pada umumnya, jenis penyakit tekanan darah tinggi ini hanya menyerang orang tua saja. Akan tetapi, ternyata hipertensi ini juga dapat menyerang orang yang masih berusia muda. Penyakit yang satu ini dapat menyerang usia muda disebabkan oleh berbagai hal. Berikut ini beberapa faktor penyebab darah tinggi pada usia muda yang perlu diketahui.

1. Minuman Berakohol

Sering minuman berakohol ternyata berdampak buruk pada tubuh. Selain merusak sistem kerja beberapa organ, ternyata mengkonsumsi minuman yang satu ini juga menjadi pemicu munculnya penyakit hipertensi. Bahkan bagi anak muda yang suka minum minuman berakohol ini retan mengalami gangguan darah tinggi ini.

2. Pola Makan yang Salah

Pada usia muda, ternyata pola makan sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh. Jika seorang pemuda suka mengkunsumsi makan yang mengandung banyak lemak dan garam, maka ia akan lebih mudah terserang hipertensi. Walaupun sejatinya penyakit ini banyak diderita oleh orang yang lanjut usia, akan tetapi jika pola makan seorang pemuda tidak dijaga, maka hal ini dapat menjadi faktor penyebab tekanan darah tinggi.

3. Mengkonsumsi Rokok

Merokok merupakan sebuah hal yang tidak asin lagi bagi kalangan anak muda. Dipandangan mata para pemuda, merokok termasuk salah satu hal yang bisa dibilang keren. Akan tetapi, menurut penelitian merokok adalah salah satu penyebab munculnya tekanan darah tinggi pada usia muda.

4. Jarang Berolahraga

Salah satu penyebab tekanan darah tinggi pada usia muda adalah malas atau jarang melakukan olahraga. olahraga merupakan sebuah kegiatan yang positif. Jenis kegiatan yang satu ini mampu menyehatkan tubuh. Apalagi jika olahraga ini dilakukan oleh orang yang masih berusia muda. Maka orang tersebut akan terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi atau sering disebut dengan hipertensi.

Itulah beberapa faktoer penyebab tekanan darah tinggi pada usia muda, semoga bermanfaat.
Baca juga: