search-button

Buah Pantangan Panderita Darah Tinggi, Penjelasan Ada Disini

   
Advertisements
Advertisements
Buah Pantangan Panderita Darah Tinggi
Apotik Sehat – Darah tinggi atau yang biasa dikenal dengan hipertensi merupakan penyakit yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Jenis penyakit ini tidak pernah pandang bulu, baik pria atau wanita, dewasa atau tua semua dapat terkena penyakit tersebut.

Hipertensi dapat membahayakan penderitanya, sebab dapat mengakibatkan terjadinya stroke, jantung hingga pembuluh darah pecah.
Selain berolahraga secara teratur, dokter selalu memberikan wejangan akan pola makan yang juga harus dijaga. Beberapa jenis makanan termasuk buah pantangan darah tinggi, sebaiknya dihindari agar akibat buruknya dapat terhindari.

Buah Pantangan Untuk Penderita Hipertensi

Buah memang identik dengan sumber vitamin dan baik bagi tubuh. Akan tetapi perlu diketahui bahwa tidak semua buah dapat dikonsumsi bagi penderita darah tinggi. Menghindarinya merupakan jalan terbaik, karena saya yakin siapapun tidak ingin menderita penyakit kronis karena darah tinggi.

Buah dalam kaleng ataupun jus dalam kaleng, tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Selain itu buah durian juga tidak boleh dan dilarang dikonsumsi. Bahaya durian untuk hipertensi ini disebabkan karena adanya kandungan trigliserida dan alkohol yang dapat mengganggu peredaran darah.

Satu buah durian mengandung 600 hingga 900 kalori, jadi bila mengkonsumsi 4 buah durian dapat dikalikan sendiri berapa banyak kalori yang dikonsumsi. Banyak kasus yang terjadi diakibatkan mengkonsumsi buah pantangan darah tinggi tersebut, orang hipertensi yang langsung terserang stroke, hingga ada yang berujung kematian. Semua disebabkan karena mengkonsumsi buah yang satu ini. Terlebih lagi bila buah durian yang telah dikupas dan disimpan.

Semakin lama disimpan maka kandungan alkohol didalamnya semakin tinggi dan berbahaya untuk dikonsumsi. Senyawa alkohol didalam durian tersebut juga sering menyebabkan pembuluh darah di otak menyempit bahkan pecah.
Harus Baca:
Tentu hal ini berimbas pada oksigen tidak tersalurkan secara maksimal ke otak, akibatnya terserang stroke. Selain itu alkohol pada durian dapat menyebabkan komplikasi, tekanan darah akan cepat naik dan memicu detak jantung secara mendadak. Bila kondisi ini terjadi penderita dapat terserang penyakit jantung.

Tips Aman Mengkonsumsi Durian Untuk Penderita Hipertensi

Untuk penderita hipertensi, bila sangat ingin mencoba durian ataupun makanan pantangan darah tinggi lainnya, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu tekanan darah saat ini. bila tinggi lebih baik menghindarinya, jika dalam kondisi stabil dapat mengkonsumsinya dengan catatan mengkonsumsi dalam jumlah yang sedikit saja.

Setelah mengkonsumsi segera minum air putih atau makan buah manggis untuk menetralisir kandungan durian. Hindari mengkonsumsi daging berlemak tinggi setelah mengkonsumsi durian, lebih baik memilih sayur yang juga mampu bekerja sebagai penetralisir durian.

Selesai sudah kupasan kita mengenai buah pantangan darah tinggi yang sebaiknya dihindari. Sangat wajib untuk diingat, hindari jus dan buah dalam kaleng serta menghindari durian. Bilapun ingin mengkonsumsinya lebih baik dikonsumsi dengan cara aman dan porsi sedikit.