search-button

5 Makanan dan Minuman Pasca Operasi Amandel Yang Harus Dihindari

   
Advertisements
Advertisements
Makanan dan Minuman Pasca Operasi Amandel Yang Harus Dihindari
Apotik Sehat – Makanan Dan Minuman Pasca Operasi Amandel Yang Harus Dihindari. Operasi merupakan salah satu cara dunia medis yang digunakan untuk menyembuhkan suatu penyakit tertentu. Tindakan medis dengan cara operasi ini biasanya berupa penyayatan bagian tubuh manusia dengan menggunakan peralatan bedah.

Salah satu jenis penyakit yang biasanya sering menggunakan tindakan medis yang satu ini adalah sakit amandel. Seseorang yang menderita amandel biasanya akan dioperasi oleh dokter yang ahli pada bidang tersebut. akan tetapi, orang tersebut akan mendapat hal-hal mengenai pantangan setelah operasi amandel yang harus dihindari.

Makanan Yang Dilarang Pasca Operasi Amandel

Menurut definisiya, amandel merupakan sejenis penyakit tonsil atau tenggorokan. Jenis penyakit tenggorokan ini biasanya diderita oleh anak-anak yang berusia antara 5 tahun sampai dengan 15 tahun. Penyebab penyakit amandel ini adalah bakteri atau virus yang menyerang tenggorokan anak-anak. Tenggorokan yang terserang infeksi bakteri ini biasanya berwarna merah, gatal dan tidak nyaman untuk menelan makanan.

Penyakit amandel ini biasanya disembuhkan dengan jalan operasi. Cara ini dirasa paling ampuh untuk menanggulangi penyakit tenggorokan tersebut. operasi amandel pun hanya akan berjalan sebentar. Saat seseorang selesai melakukan operasi ini, biasanya ia akan mendapat pantangan yang harus dihindari. Berikut jenis-jenis makanan yang dilarang setelah operasi amandel yang wajib dipatuhi.

1. Makanan yang Asam

Jenis makan yang termasuk dalam pantangan setelah operasi amandel yang harus dihindari adalah yang mengandung asam. Makanan yang mengandung asam ini biasanya akan memicu rasa gatal pada tenggorokan. Hal ini harus dihindari agar pasien cepat sembuh. Adapun contoh makanan asam tersebut yaitu jeruk, lemon, dan lain sebagainya.

2. Gorengan

Gorengan merupakan sebuah makanan yang terkenal sangat nikmat. Akan tetapi, jika anda baru saja operasi amandel, maka ada baiknya untuk menghindari jenis makanan yang satu ini. Makanan yang berupa gorengan ini dapat menyebabkan sakit amandel menjadi lebih parah lagi. Dengan menghindari makanan ini sementara waktu, dapat dipastikan penyakit amandel anda akan sembuh total.

3. Makanan yang Pedas

Makanan yang memiliki rasa pedas termasuk pantangan bagi orang yang baru saja melakukan operasi amandel. Jenis makanan yang satu ini mampu memicu sakit amandel anda menjadi lebih parah. Bahkan jenis makanan ini dapat menyebabkan operasi yang anda jalankan menjadi sia-sia.
Harus Baca:

4. Minuman Dingin

Minuman yang bersuhu rendah atau dingin memang sangat enak untuk diminum. Akan tetapi bagi anda yang baru selesai melakukan operasi amandel, minuman dingin merupakan hal yang dilarang. Minuman dingin ini hanya akan membuat tenggorokan anda yang baru saja dioperasi menjadi serak dan tidak nyaman.

5. Makanan yang Didalamnya Terdapat Bahan Pengawet

Pantangan setelah operasi amandel yang harus dihindari selanjutnya adalah jenis makanan yang terdapat gas didalamnya. Makanan jenis ini akan menyebabkan hal buruk pada luka setelah operasi, adapun contoh makanan yang mengandung gas ini yaitu durian, kubis, nangka dan lain sebagainya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai makanan yang harus dihindari setelah operasi amandel. Semoga bermanfaat.