search-button

4 Jenis Makanan Yang Dilarang Pasca Operasi Usus Buntu

   
Advertisements
Advertisements
Makanan Yang Dilarang Pasca Operasi Usus Buntu
Apotik Sehat – 4 Jenis Makanan Yang Dilarang Dikonsumsi Pasca Operasi Usus Buntu. Operasi merupakan sebuah kata yang tidak asing lagi ditelinga manusia. Menurut dunia kedokteran, operasi atau pembedahan adalah suatu tindakan untuk mengobati pasien dengan membuka atau menyayat bagian tubuh yang terdapat sumber suatu penyakit. Tujuan penyayatan ini adalah untuk melakukan perbaikan pada bagian tersebut.

Biasanya proses sebuah operasi akan diakhiri dengan menjahit kembali pada bagian tubuh yang dilakukan tindakan penyayatan. Salah satu jenis operasi yang sering dilakukan pada dunia medis adalah operasi usus buntu. Makanan yang dilarang pasca operasi usus buntu pun beragam dan si pasien harus menaati hal tersebut agar ia cepat pulih.

Makanan yang Dilarang Bagi Pasien Pasca Operasi Usus Buntu

Menurut definisinya, pengertian dari usus buntu adalah sebuah organ tubuh manusia yang memiliki bentuk kantong tipis kecil dan terhubung dengan usus besar. Usus buntu merupakan bagian dari usus besar. Kadang usus yang berukuran kecil ini sering terjadi infeksi dan menyebabkan rasa sakit. Penyakit ini biasanya disebut dengan nama apendiksitis atau peradangan usus buntu. Cara untuk mengatasi penyakit usus buntu ini yaitu menggunakan jalan operasi.

Pada dasarnya. Penyakit usus buntu ini memiliki gejala biasanya. Biasanya seorang pasien penderita penyakit akan merasa sakit perut dan jika ditekan pada bagian perut akan bertambah sakitnya. Bagi penderita penyakit usus buntu di anjurkan untuk operasi. Setelah operasi selesai, seorang pasien penderita penyakit yang satu ini dilarang untuk mengkonsumsi makanan tertentu. Berikut ini beberapa makanan yang dilarang untuk pasien pasca operasi usus buntu.

1. Makanan yang Pedas

Jenis makanan yang dilarang pasca operasi usus buntu adalah yang memiliki rasa pedas. Makanan yang satu ini perlu dihindari karena rasa pedas dapat menyebabkan perut menjadi terasa panas. Rasa panas yang timbul ini akan menghambat penyembuhan pada pasien operasi usus buntu.

2. Mengandung Garam

Selain makanan yang pedas, jenis makanan yang mengandung garam tinggi juga dilarang bagi pasien setelah operasi usus buntu ini. Maksud pelarangan untuk mengkonsumsi makanan ini adalah agar sang pasien segera pulih kembali pasca operasi apendiksitis tersebut.
Harus Baca:

3. Makanan dan Minuman yang Mengandung Alkohol

Makanan dan minuman yang mengandung alkohol termasuk jenis yang tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang setelah melakukan operasi usus buntu. Hal ini dikarenakan alkohol yang terdapat pada makan serta minuman akan beraksi dengan sisa-sisa obat bius pasca operasi. Reaksi tersebut akan menimbulkan rasa sakit sehingga akan menghambat proses penyembuhan pasca operasi.

4. Makan yang Berlemak dan Padat

Jenis makanan yang dilarang pasca operasi usus buntu selanjutnya adalah makan yang padat berlemak. Makanan padat biasanya memerlukan waktu yang lama untuk mencernanya dan makanan yang berlemak dapat menimbulkan diare.

Kedua jenis makanan ini harus dihindari bagi pasien yang telah menjalankan operasi usus buntu. Dengan menghindari untuk sementara waktu kedua jenis makanan tersebut, maka proses penyembuhan pasca operasi akan berjalan lancar.