search-button

4 Pantangan Setelah Operasi Mata Ikan Yang Wajib Dihindari

   
Advertisements
Advertisements
Pantangan Operasi Mata Ikan
Apotik Sehat – 4 Pantangan Yang Wajib Dihindari Setelah Operasi Mata Ikan. Mata ikan adalah salah satu jenis penyakit yang tumbuh pada permukaan kulit di kaki, jari-jari kaki, tumit, telapak tangan dan jari tangan. Penyebab penyakit mata ikan ini yaitu virus yang bernama Human Papillomavirus atau sering dikenal dengan HPV. Orang terkena penyakit mata ikan ini biasanya mengalami pengerasan dan penebalan pada kulit yang terserang virus ini.

Salah satu cara yang biasanya di tempuh untuk mengobati penyakit akibat infeksi HPV ini adalah dengan melakukan operasi. Operasi ini dikenal ampuh untuk menghilangkan mata ikan. Akan tetapi, seorang pasien yang telah melakukan operasi ini harus menghindari beberapa pantangan. Pantangan setelah operasi mata ikan ini harus di patuhi oleh seorang pasien agar ia cepat sembuh.

Pantangan Pasca Operasi Mata Ikan

Pantang termasuk kata yang tidak asing lagi bagi orang Indonesia. Jenis kata yang satu ini memiliki arti bahwa seorang manusia harus menjauhi atau menghindari sesuatu yang dilarang tersebut. Bagi anda yang baru saja melakukan operasi mata ikan, pasti terdapat beberapa hal yang wajib dihindari. Berikut ini hal yang harus dihindari pasca operasi mata ikan.

1. Dilarang Melakukan Pekerjaan Berat

Pantangan setelah operasi mata ikan yang pertama adalah dilarang melakukan suatu pekerjaan yang berat. Seorang pasien yang habis menjalani operasi penyakit mata ikan ini dianjurkan untuk melakukan jenis pekerjaan yang tergolong ringan saja.

Hal ini bertujuan agar mempercepat penyembuhan luka pasca operasi. Jika orang tersebut tetap memaksakan untuk bekerja berat, maka luka akibat operasi akan terbuka lagi. Dengan terbukanya luka operasi tersebut akan memperlama proses penyembuhan.

2. Tidak Boleh Memakai Pakaian yang Ketat

Seorang penderita penyakit mata ikan yang telah melakukan operasi dilarang memakai baju yang ketat. Hal ini harus dilakukan agar luka tidak terlalu tertutup. Selain itu, dengan memakai pakaian yang longgar, maka luka akibat operasi tidak akan tergesek oleh kain.
Harus Baca:
5 Obat Kutil Paling Ampuh di Apotik
Cara Mengobati Mata Ikan Dengan Bawang Putih Tanpa Operasi

3. Luka Operasi Tidak Boleh Kotor

Salah satu hal yang wajib diperhatikan oleh seorang pasien pasca operasi mata ikan adalah selalu menjaga luka operasi agar tetap bersih. Langkah yang satu ini harus dilakukan agar luka tidak terinfeksi oleh bakteri. Selain hal tersebut, dengan luka yang selalu terjaga kebersihannya, maka bekas operasi tersebut akan cepat kering.

Cara menjaga kebersihan luka pasca operasi ini dapat dilakukan dengan selalu mengganti kassa yang menutupi bekas operasi tersebut secara teratur dan tidak lupa untuk selalu membersihkan luka sebelum dibungkus dengan kain kassa yang bersih.

4. Tidur Terlalu Larut Malam

Pantangan setelah operasi mata ikan selanjutnya adalah larangan untuk tidur terlalu malam. Jika seseorang habis melakukan operasi, maka ada baiknya agar orang tersebut tidur lebih awal.

Tujuan dari hal ini adalah dengan istirahat yang cukup, maka proses pengeringan luka akan lebih cepat, sehingga kesembuhan lebih cepat diperoleh.