search-button

4 Cara Mangatasi Badan Sakit dan Pegal Setelah Fitnes Pertama

   
Advertisements
Advertisements
Cara Mangatasi Badan Sakit dan Pegal Setelah Fitnes Pertama
HeyRiad.com – Olahraga adalah salah satu kegiatan yang positif. Jenis kegiatan yang satu ini sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. manfaat olahraga bagi tumbuh antara lain mencegah kegemukan, melancarkan peredaran darah dan berbagai manfaat lainnya. seseorang bisa melakukan olahraga dipusat kebugaran.

Salah satu lokasi kebugaran atau olahraga tersebut adalah tempat fitness. Tempat fitness merupakan sebuah lokasi yang didalamnya menyediakan berbagai macam alat untuk olahraga. akan tetapi bagi orang yang jarang melakukan olahraga fitness ini, maka badan akan terasa sakit dan pegal. Badan sakit dan pegal setelah fitness pertama merupakan sebuah kejadian yang biasanya bagi para pemula olahraga fitness tersebut.

Cara Mengatasi Rasa Sakit Dan Pegal Pasca Finess Pertama

Pengertian fitness merupakan sebuah aktifitas yang memadukan antara mengangkat beban dan juga detak jantung. Jenis olahraga yang satu memiliki tujuan untuk menyehatkan jantung dan memperindah tampilan dari tubuh seseorang. Saat ini olahraga fitness banyak digemari oleh manusia. bahkan kaum perempuan pun juga menyukai olahraga yang satu ini. Biasanya para penggemar olahraga ini melakukannya di tempat atau pusat fitness.

Bagi seseorang yang baru pertama kali melakukan olahraga fitness ini pasti akan merasakan sakit disertai pegal diseluruh tubuh, hal ini merupakan sebuah kejadian yang wajar. Agar rasa pegal yang dialami cepet reda, maka anda harus melakukan kegiatan. Berikut ini beberapa cara mengatasi pegal dan sakit setelah fitness pertama.

1. Melakukan Pijatan Pada Daerah yang Sakit

Cara mengatasi badan sakit dan pegal setelah fitness pertama adalah dengan melakukan pijatan pada badan yang sakit. Hal ini bertujuan agar otot yang tegang setelah finess akan mengalami relaksasi. Dengan relaksasi ini, maka rasa sakit akan berangsur-angsur menghilang.

2. Makan Makanan Berprotein

Protein merupakan salah satu zat yang sangat diperlukan oleh tubuh. Pada dasarnya, fungsi protein adalah untuk memperbaiki dan membangun sel-sel tubuh. Maka oleh sebab itu, seseorang yang habis melakukan olahraga sejenis fitness dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan berprotein. Hal ini bertujuan untuk membuat badan orang tersebut kembali bugar dan rasa pegal-pegal cepat menghilang.
Baca juga:

3. Melakukan Peregangan Otot

Rasa sakit pada bagian tubuh tertentu disebabkan oleh aliran darah yang tersumbat oleh asam laktat. Akan sumbatan tersebut menghilang, maka seseorang harus melakukan berbagai gerakan perengangan otot (pemanasan) yang berfungsi untuk memperlancar peredaran darah. Dengan kembali lancarnya peredaran darah di tubuh, maka rasa pegal ditubuh akan segera hilang.

4. Mengkompres Bagian Tubuh yang Sakit Dengan Air Dingin

Mengkompres bagian badan yang sakit merupakan sebuah cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi badan sakit dan pegal setelah pertama fitness. Hal yang satu ini sangat mudah dilakukan. Anda tinggal mengambil air dan handuk. Kemudian handuk tersebut direndam pada air dingin lalu dikompreskan pada bagian tubuh yang sakit. Setelah beberapa saat, maka badan yang terasa sakit akan segera sembuh kembali.