search-button

Cara Mengetahui Perbedaan Obat Generik dan Paten

   
Advertisements
Advertisements
Cara Mengetahui Perbedaan Obat Generik Dan Paten
Apotik Sehat - Di apotik tersedia beragam jenis obat-obatan baik dari tipe generik maupun paten yang disediakan untuk para pasien yang membutuhkan. Meski sama - sama obat tapi ada perbedaan obat generik dan paten yang mungkin saja perlu diketahui. Secara umum obat generik adalah obat yang khusus disediakan oleh pemerintah untuk masyarakat yang dijual dengan harga yang terjangkau sedangkan obat paten adalah obat yang telah memiliki hak paten dari perusahaan tertentu.

Sekilas terlihat sama bukan? Kecuali dari segi harga, ulasan dibawah ini menjelaskan tentang perbedaan - perbedaan lain yang ada pada kedua jenis obat tersebut.

Perbedaan Obat Generik dan Paten

Perbedaan Obat Paten

Mungkin rata - rata orang belum mengetahui tentang apa bedanya obat paten dengan obat umum seperti generik. Pada dasarnya fungsinya memang sama yakni sama - sama obat yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit atau gangguan tertentu. Obat paten adalah obat yang memiliki hak paten yang dikeluarkan oleh badan khusus untuk perusahaan farmasi terhadap obat - obatan yang dikeluarkannya.

Hak paten digunakan untuk produksi dan distribusi obat tersebut. Selama obat memiliki hak paten dijual maka tidak boleh ada perusahaan lain yang menggunakan nama yang sama. Salah satu nama obat dari daftar obat paten adalah Amoxil yang merupakan obat amoksisilin.

Dari sini bisa dilihat bahwa perbedaan pertama ada pada hak paten yang berhubungan dengan ide awal dikeluarnya obat tersebut sebelum kemudian dibuat versi generiknya. Artinya obat hak paten adalah obat pertama atau pioner yang dikembangkan oleh ahli farmasi untuk kebutuhan masyarakat dengan benefit mendapat keuntungan secara finansial dari adanya hak paten tersebut.

Kedua, dari segi kualitas obat hak paten memiliki kualitas yang jauh lebih baik dengan tingkat penyembuhan yang jauh lebih tinggi. Hal ini karena obat ini bisa dibilang obat pertama. Kemudian apa perbedaan obat generik dan paten selanjutnya?

Perbedaan Obat Generik

Obat generik mudahnya adalah obat yang pada dasarnya memiliki kandungan zat aktif yang sama berkhasiatnya dengan obat yang memiliki hak paten. Contoh mudah dari obat generik yang banyak beredar di masyarakat adalah Parasetamol, Antalgin, Asam Mefenamat, dan Amoksisilin. Jenis obat - obatan ini adalah jenis yang paling banyak beredar di masyarakat.

Harus Baca: Ada satu ciri khusus yang bisa dengan mudah dikenali. Tanda ini adalah logo yang menjelaskan bahwa obat tersebut adalah obat generik. Obat yang dikenal sebagai generik bisa dilihat dari adanya logo generik.

Logo ini memiliki bentuk bulat lingkaran dengan adanya garis - garis berwarna putih. Tulisan generik ada di bagian tengah dengan huruf abjad besar semua bertuliskan GENERIK. Warna dari logo ini sangat khas karena berwarna hijau tua. Dari segi kualitas obat generik memiliki kualitas yang memang berbeda meski secara khasiat tetap sama - sama dapat menyembuhkan penyakit atau gejala tidak sehat pada tubuh.

Perbedaan lain dari kedua jenis obat ini adalah dari segi riset penemuan obat dan promosi obat. Obat paten adalah obat yang ditemukan melalui riset yang panjang sehingga bisa dibilang merupakan obat awal, pertama, atau pencetus dari obat setelahnya.

Obat generik adalah obat yang menggunakan dasar komposisi bahan yang sama dari obat paten sehingga selalu hadir setelah obat paten. Dari segi promosi, obat generik tidak membutuhkan biaya untuk melakukan promosi atau pun biaya lain sedangkan obat paten membutuhkannya.

Daftar nama obat generik dan paten berdasarkan nama pada dasarnya tidak memiliki banyak perbedaan. Beberapa nama disinggung sedikit sebelumnya. Jika digeneralisasikan setidaknya ada tiga yang menjadi poin penting untuk mengetahui perbedaan obat generik dan paten secara cepat yakni penamaan dan produsen obat, kemasan obat, dan harga obat.