search-button

5 Pantangan Setelah Operasi Caesar Yang Harus Dihindari

   
Advertisements
Advertisements
Pantangan Setelah Operasi Caesar
Apotik Sehat – Macam Pantangan Yang Harus Dihindari Setelah Operasi Caesar. Operasi merupakan salah satu kata yang tidak asing lagi bagi semua orang di muka bumi ini. Biasanya kata yang satu ini sering dikaitkan dengan dunia kedokteran atau medis. Menurut dunia medis, operasi adalah sebuah kata yang digunakan untuk penggobatan suatu tindakan penyayatan bagian tubuh tertentu. Salah satu jenis operasi yang banyak dikenal adalah operasi caesar.

Pengertian operasi caesar merupakan sebuah tindakan medis berupa penyayatan daerah perut. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan bayi yang terdapat didalam kandungan. Operasi caesar ini biasanya dilakukan karena seorang ibu kesulitan untuk melahirkan bayi secara normal. Akan tetapi pasca tindakan medis ini, terdapat pantangan setelah operasi caesar bagi seorang wanita.

Pantangan Pasca Operasi Caesar

Operasi caesar termasuk jenis operasi yang tidak asing lagi bagi manusia. Jenis operasi ini banyak dilakukan oleh para wanita hamil. Tujuan utama dari tindakan medis yang satu ini adalah untuk membantu ibu hamil melahirkan anaknya.

Biasanya seorang ibu hamil yang melakukan operasi caesar ini dikarenakan terdapat suatu hal yang menjadikan ia tidak melahirkan secara normal. Akan tetapi seorang yang wanita yang baru selesai melakukan operasi caesar dilarang untuk melakukan hal tertentu. Berikut ini pantang bagi seorang wanita pasca operasi caesar.

1. Mandi Air Panas

Mandi menggunakan air hangat merupakan sesuatu yang menyenangkan. Akan tetapi bagai seorang wanita yang baru saja melakukan operasi caesar dilarang untuk mandi memakai air hangat. Larangan yang satu ini beralasan lantaran mandi dengan air hangat akan memperlambat proses penyembuhan luka bekas operasi.

2. Memakai Korset

Selain mandi dengan air hangat, pantangan setelah operasi caesar lainnya adalah dilarang untuk memakai korset. Memakai korset bagi seorang wanita pasca operasi caesar merupakan tindakan yang berbahaya. Hal yang satu ini dapat menyebabkan timbulnya penyakit hernia.

3. Tidur Telentang

Tidur telentang pasca operasi caesar merupakan sebuah tindakan yang dilarang. Hal yang satu ini perlu dihindari karena tidur telentang dapat memicu rasa nyeri. Usahakan saat habis operasi caesar ini agar seorang wanita tidur menyamping, baik samping kekanan atau kekiri. Dengan cara tidur yang benar, maka akan meminimalisir rasa nyeri.
Harus Baca:

4. Mengangkat Beban Berat

Seorang wanita pasca operasi caesar termasuk masa yang rentan. Para wanita yang habis mendapat tindakan medis yang satu ini dilarang untuk mengangkat beban yang terlalu berat. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi pendarahan pada bekas operasi.

5. Jangan Sampai Kekurangan Cairan

Pantangan setelah operasi caesar berikutnya adalah jangan sampai kekurangan air. Para pasien pasca operasi caesar harus mengkonsumsi air putih secara cukup. Hal ini bertujuan untuk menghindari sembelit. Jika seorang wanita pasca tindakan medis yang satu ini mengalami sembelit, maka akan berakibat fatal.