search-button

Perbedaan Obat Generik dan Bermerek

   
Advertisements
Advertisements
Perbedaan Obat Generik dan Bermerek
Apotik Sehat – Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak orang yang masih meragukan khasiat obat generik karena masih memandang bahwa obat tersebut adalah obat yang khusus yang disediakan untuk orang yang tidak mampu dan dijual dengan harga murah sehingga mengira bahwa kualitasnya jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan obat bermerk.

Pada kenyataannya tidak demikian, mengetahui perbedaan obat generik dan bermerek ini akan dapat membantu meluaskan pemikiran yang terlanjur sudah ada pada masyarakat umum.

Perbedaan Obat Generik

Berbicara tentang obat generik, perbedaan yang paling mudah yang bisa ditebak oleh hampir sebagian orang adalah harga. Bisa dibilang perbedaan yang paling kentara dan selalu menempati urutan pertama yang membedakan antara obat generik dengan obat yang memiliki merk adalah harga. Sudah menjadi rahasia umum bahwa harga obat generik memang dijual dengan nominal yang sangat terjangkau.

Sebagian perbandingan singkat, satu strip obat panas dengan nama Paracetamol keluaran dari obat generik bisa dijual dengan harga Rp. 2000 saja sedangkan untuk satu strip obat yang sama yang dikeluarkan oleh perusahaan bermerk bisa dijual dengan harga 10 kali lipat diatasnya.

Perbedaan kedua ada pada kemasan. Kemasan obat yang memiliki tanda generik selalu memiliki logo khusus. Logo ini menunjukkan bahwa obat tersebut merupakan obat generik. Logo ini akan selalu ada pada setiap jenis obat yang diproduksi. Contoh obat generik seperti yang sudah disebutkan sebelumnya yakni seperti obat Paracetamol.

Logo yang akan terpasang adalah logo generik yang berbentuk lingkaran berwarna hijau dengan strip putih. Nama 'generik' tertera di bagian tengah dengan ukuran font yang besar. Perbedaan obat generik dan bermerek lainnya ada pada nama perusahaan dan teknik promosi. Obat generik tidak melakukan promosi untuk menjual produknya.
Harus Baca:

Perbedaan Obat Bermerek

Obat bermerek memiliki khasiat yang sama yakni digunakan sebagai obat penyembuh. Tetapi bedanya dengan obat generik biasa adalah obat ini diproduksi sesuai dengan apa yang menjadi keinginan perusahaan farmasi dan diproduksi. Obat ini memiliki kemasan yang berbeda - beda sesuai dengan yang diinginkan oleh perusahaan terkait.

Biasanya dari segi desain kemasan, obat ini terlihat lebih menarik. Dari sini bisa dilihat meski memiliki kegunaan yang sama tetap ada perbedaan yang membuat obat ini berbeda dan dijual dengan harga yang tidak sama.

Harga yang dipatok untuk obat bermerek ini biasanya memiliki harga yang sedikit lebih mahal. Umumnya harga yang mahal ini dipatok untuk promosi obat, biaya kemasan, dan beberapa hal lainnya. Sama halnya dengan daftar obat paten, obat bermerek ini juga memiliki daftar yang telah dirilis secara resmi oleh perusahaan yang bersangkutan. Demikianlah beberapa perbedaan obat generik dan bermerek.