search-button

5 Ciri Orang Yang Terkena Diabetes Tipe 1

   
Advertisements
Advertisements
Ciri Orang Yang Terkena Diabetes Tipe 1
Apotik Sehat – 5 Ciri Orang Yang Terkena Diabetes Tipe 1. Penyakit diabetes bisa dibilang sebagai penyakit pembunuh nomor dua setelah kanker terbanyak di Indonesia. Banyak orang mengira bahwa penyakit ini sama semua jenisnya padahal ada tipe-tipe tertentu dari penyakit ini yang perlu diketahui.

Ciri Orang Yang Terkena Diabetes Tipe 1


Mengetahui ciri orang yang terkena diabetes akan sangat membantu karena kita dapat melakukan pencegahan secara dini dengan lebih baik. Secara umum ada dua tipe diabetes yaitu tipe 1 dan tipe 2. Nah, kali ini yang akan dibahas adalah diabetes tipe 1 karena merupakan kondisi yang paling sering dialami. Yuk, simak.

1. Kelelahan

Diabetes tipe 1 adalah jenis diabetes yang sering dialami oleh orang tetapi jarang banyak orang memahami. Diabetes ini muncul akibat adanya perubahan insulin pada tubuh yang membuat pangkreas menjadi tidak sehat.

Diabetes tipe ini bisa dikenali melalui beberapa tanda seperti lebih sering pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil. Kemudian, seringkali dehidrasi meski telah berkali - kali meneguk air dalam sehari. Lalu mengalami gejala kesemutan. Tidak hanya itu saja, ciri lain adalah seperti mudah mengalami kelelahan.

2. Kehilangan Berat Badan Secara Drastis

Kelelahan yang berangsur - angsur ini diikuti dengan rasa cepat lapar meski sebelumnya telah beberapa kali makan. Meski hanya melakukan kegiatan ringan, tubuh juga menjadi terasa lebih pegal-pegal.

Bila ada seseorang yang mengalami gejala seperti ini yang diikuti dengan penurunan berat badan secara drastis tanpa melakukan olahraga atau diet maka ada bila segera berkunjung ke rumah sakit dan berkonsultasi dengan dokter karena bisa saja semua gejala tersebut merupakan ciri orang yang terkena diabetes.
Harus Baca:

3. Penglihatan Memburuk

Ciri - ciri di atas adalah ciri - ciri diabetes kering yang bisa membuat kondisi tubuh menjadi lebih buruk apabila tidak segera ditangani. Kondisi lebih lanjut yang akan menimpa seseorang dengan gejala diabetes tipe ini adalah penglihatan yang menjadi semakin memburuk. Kebanyakan orang mungkin tidak akan langsung menyadarinya dan menganggap bahwa penglihat yang kabur hanyalah gangguan sesaat.

Tapi bila diteliti lebih jauh dan dicermati munculnya gangguan penglihatan tanpa adanya sebab khusus merupakan salah satu ciri bahwa terjadi suatu yang tidak beres pada tubuh.

4. Mulut Kering

Jangan sepelekan mulut yang tiba - tiba terasa kering karena hal itu bisa jadi merupakan salah satu tanda bahwa seseorang tengah mengalami gejala diabetes. Tentu saja tanda - tanda ini harus diikuti dengan tanda - tanda yang lainnya agar cara mengobati penyakit diabetes bisa dilakukan secara tepat dan sesuai dengan kondisi.

Bila kondisi penderita masih termasuk ringan maka kans untuk menyembuhnya penyakit tersebut lebih besar. Tetapi bila masih diikuti dengan gejala lain dan belum diatasi secara cepat maka bisa jadi penyakit tersebut akan semakin mengganas.

5. Luka Membengkak

Ciri orang yang terkena diabetes yang paling mudah memperlihatkan bahwa seseorang terkena penyakit ini secara positif adalah munculnya luka yang cukup lama disembuhkan. Dengan tingkat gula darah yang tidak stabil penyembuhan luka menjadi semakin tidak mudah untuk dilakukan.

Oleh karena itu, bila tubuh sudah menunjukkan gejala hingga seperti ini maka sangat disarankan untuk mengecek kondisi sesegera mungkin ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.