search-button

6 Makanan Baik Untuk Menjaga Kesehatan Hati

   
Advertisements
Advertisements
Makanan Baik Untuk Menjaga Kesehatan Hati
Apotik Sehat – 6 Makanan yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Hati Anda. Hati merupakan pusat kekuatan organ di dalam tubuh anda. Kelenjar terbesar ini melakukan berbagai macam tugas yang sangat penting, dimulai dari memproduksi protein, kolesterol dan empedu untuk menyimpan vitamin, mineral dan bahkan karbohidrat. Hati juga dapat memecah racun seperti alkohol, obat-obatan dan produk sampingan alami yang dihasilkan dari metabolisme.

Dengan begitu, menjaga hati anda agar tetap sehat merupakan sebuah keharusan agar tubuh anda selalu dapat berfungsi dengan baik. Salah satu cara perawatannya adalah dengan mengkonsumsi beberapa makanan yang dipercaya dapat memberikan efek positif terhadap hati di dalam tubuh anda tersebut. Ingin tahu makanan apa saja yang bisa memberikan manfaat untuk hati anda? Berikut adalah daftarnya.

Makanan Baik Untuk Menjaga Kesehatan Hati

Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman terbaik yang bisa anda konsumsi untuk membuat hati anda tetap sehat. Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi kopi maka bisa menjaga hati anda dari serangan penyakit, bahkan terhadap orang-orang yang sudah memiliki masalah gangguan kesehatan dengan hati mereka.

Seperti contohnya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan meminum kopi maka bisa menurunkan resiko anda terkena sirosis, atau kerusakan hati permanen terhadap orang-orang dengan penyakit hati kronis.

Meminum kopi juga dapat mengurangi resiko anda mengembangkan sejenis kanker hati, serta memiliki efek positif terhadap penyakit hati, menurunkan peradangan, dan meningkatkan kadar antioksidan glutathione.

Teh

Teh secara luas telah dianggap memiliki manfaat kesehatan, terutama terhadap hati anda. Sebuah penelitian kecil yang melibatkan pasien penderita Penyakit Hati Berlemak Non-alkohol (NAFLD) menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi teh hijau yang tinggi akan antioksidan selama 12 minggu mampu memperbaiki kadar enzim hati serta mengurangi stres oksidatif dan timbunan lemak di dalam hati.

Jeruk Bali

Jeruk bali mengandung antioksidan yang secara alami dapat menjaga hati anda. Antioksdan utama yang ditemukan dalam buah tersebut adalah jenis naringenin dan naringin. Efek perlindungan yang dapat diberikan jeruk bali diketahui terjadi dengan dua cara, yaitu dengan mengurangi peradangan dan menjaga sel-sel di dalam tubuh anda.

Kedua antioksidan tersebut juga terbukti dapat mengurangi perkembangan fibrosis hati, yaitu sebuah kondisi berbahaya dimana jaringan ikat terbentuk di hati secara berlebihan.

Blueberry dan Cranberry

Blueberry dan Cranberry keduanya mengandung antosianin, yaitu sejenis antioksidan yang memberikan warna cerah terhadap kedua buah tersebut. Selain rasanya yang enak, buah-buahan ini juga dapat menjaga kesehatan hati anda secara maksimal.

Terlebih lagi, blueberry dapat membantu meningkatkan respon sel kekebalan tubuh hingga enzim antioksidan anda. Dengan begitu, mengkonsumsi blueberry dan cranberry merupakan cara yang sangat baik untuk memberikan hati anda antioksidan yang dibutuhkan agar tetap terjaga dengan baik.

Anggur

Buah anggur yang lezat dan manis, terutama jenis anggur merah dan anggur ungu mengandung berbagai macam senyawa tanaman yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh anda, terutama organ hati. Salah satu yang paling terkenal adalah resveratrol yang dimana dapat menurunkan peradangan, mencegah kerusakan dan meningkatkan kadar antioksidan di dalam tubuh anda.

Ikan Berlemak

Ikan berlemak mengandung asam lemak omega-3, yaitu sejenis lemak sehat yang dapat mengurangi peradangan dan telah dikaitkan dengan menurunkannya resiko anda terkena penyakit jantung. Lemak yang ditemukan dalam ikan berlemak juga sangat penting untuk hati anda.

Faktanya, sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa makanan ini dapat membantu mencegah pembentukan lemak, menjaga tingkat enzim tetap normal, melawan peradangan, dan memperbaiki resistensi insulin.
Harus Baca: